Analisis Pola Pembinaan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat Universitas Jambi

Authors

  • Siti Amriah Daulay Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi
  • Ugi Nugrraha Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi
  • Ely Yuliawan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/ijssc.v7i1.42294

Keywords:

Pencak Silat, PSHT, Pembinaan, Partisipasi

Abstract

Penelitian ini menganalisis pola pembinaan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Komisariat Universitas Jambi.permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi warga yang baru disahkan dalam hal mengabdi selama satu tahun untuk mendapatkan kartu tanda anggota (KTA) dan kurangnya rasa persaudaraan dan etika hal ini terjadi dikarenakan faktor internal ataupun dari pribadi warga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena sosial dari perspektif pihak-pihak yang terlibat. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan lima narasumber, yang terdiri dari dua pelatih dan tiga pengurus. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah NVivo dengan 4 tahapan yaitu, pengimporan data, pengkodean data, visualisasi proyek, serta penyusunan laporan dan ekstraksi temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan PSHT di Universitas Jambi telah tersusun secara terstruktur, di mana setiap tingkatan latihan diberikan porsi yang sesuai dengan levelnya, termasuk pemahaman materi jurus, teknik gerakan, serta pembahasan lebih mendalam tentang Setia Hati (SH). Sistem ini bertujuan membentuk individu berbudi luhur, memahami benar dan salah, serta mendorong prestasi siswa dalam pencak silat. Kendala utama dalam pembinaan PSHT adalah aspek pendanaan, yang sepenuhnya bergantung pada dana pribadi siswa. Biaya tersebut mencakup kenaikan tingkat, pembelian ayam untuk ritual pengesahan, biaya pengesahan, serta perlengkapan latihan lainnya. Kendala ini menjadi tantangan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pembinaan PSHT komisariat Universitas Jambi.

Downloads

References

Dongoran, M., Nopiyanto, Y., Saputro, D., & Nugroho, A. (2019). Comparison of Psychological Skills of Pencak Silat and Boxing Athletes (Study on Indonesian Training Camp athletes). Proceedings of the International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019). Proceedings of the International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019), Surabaya City, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.210

Ediyono, S., & Widodo, S. T. (2019). Memahami Makna Seni dalam Pencak Silat. Panggung, 29(3). https://doi.org/10.26742/panggung.v29i3.1014

Fajriyudin, M., Aminudin, R., & Fahrudin, F. (2021). Pengaruh Metode Continuous Running Terhadap Peningktan Daya Tahan Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat di Pondok Pesantren Modern Nurussalam. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 51–59. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4435

Iswandir. (2014). Dasar-Dasar Proses Pengawasan Dalam Organisasi. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 1(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v1i1.34

Kholis, N. (2016a). Aplikasi Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat Sarana Membentuk Moralitas Bangsa. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 76. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.508

Kholis, N. (2016b). Aplikasi Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat Sarana Membentuk Moralitas Bangsa. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 76. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.508

Maharani, S. I., Chotimah, C., & Sulistyorini. (2023). Strategi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. SKILLS : Jurnal Riset Dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 51–61. https://doi.org/10.47498/skills.v2i1.1514

Mufidah, A., Rachman, A., Zarqoni, M., & Fadli, F. (2024). Penggerakan Dalam Pendidikan Islam. 10.

Nizamuddin Silmi, Bambang Kurniawan, & Muhamad Subhan. (2024). Perencanaan Dalam Ilmu Pengantar Manajemen. Journal of Student Research, 2(1), 106–120. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.1899

Prabowo, R. D., & Soedjatmiko, S. (2023). Manajemen Olahraga Pencak Silat Di Kabupaten Purbalingga Tahun 2022. Unnes Journal of Sport Sciences, 7(2), 113–121. https://doi.org/10.15294/ujoss.v7i2.71575

Prasetyo, D. E., Damrah, D., & Marjohan, M. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 32–41. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.132

Pratama, T. Y. (2017). Pembelajaran Seni Pencak Silat Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 2(2). https://doi.org/10.30870/jpks.v2i2.2531

Rachman, J. B., Adityani, S., Suryadipura, D., Utama, B. P., Sutantri, S. C., & Novalini, M. R. (2021). Sosialisasi pelestarian pencak silat sebagai warisan budaya dan soft power indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 207–219. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.3999

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Published

2025-03-30

How to Cite

Daulay, S. A., Nugrraha, U., & Yuliawan, E. (2025). Analisis Pola Pembinaan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat Universitas Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 7(1), 44–53. https://doi.org/10.22437/ijssc.v7i1.42294