Analisis Minat Belajar PJOK Siswa SMPN 13 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i1.27346Keywords:
Minat Belajar, Tenis MejaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat siswa belajar teori Tenis Meja di SMPN 13 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan minat belajar siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran teori PJOK di SMP Negeri 13 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Berdasarkan hasil perolehan perhitungan minat belajar siswa diatas maka analisis minat belajar siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran PJOK berada dalam kategori “Rendah”. Kesimpulan dalam penelitian ini dilihat berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa minat belajar teori mata pelajaran PJOK siswa SMPN 13 Kota Jambi berada dalam kategori rendah yaitu dengan persentase sebanyak 31,57%
Downloads
References
Amni Fauziah, Asih Rosnaningsih, Samsul Azhar. (2017).Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang.Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume 4 Nomor 2.
Arikunto. S., (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT.Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deviani, M.Y, dan Surdjani. (2018). Pengaruh Tingkat Pertumbuhan, Struktur Ak tiva, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Struktur Modal Perusahaan Pertambangan di BEI. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3): 1222-1254.
Fahrizal, F., & Bachtiar, I. (2022). Analisis Minat Belajar Penjas Terhadap Kemampuan Dasar Bermain Sepakbola Murid SDI Maccini Sombala Makassar. Gerak: Journal of Physical Education, Sports, and Health, 1(2), 68-77.
Harsuki. (2003). Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Imansyah, F. (2018, August). Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Penjas Orkes Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Penjas Orkes Siswa Sma Negeri Se-Kecamatan Pengandonan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Junaedi, A. D. (2019). Survei Minat Belajar Penjas Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Pada Siswa SMA Negeri 10 Enrekang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438.
Nelistya, A. (2011). Menjadi Juara Tenis Meja. Be Champion.
Pujianto, A. (2015). Profil kondisi fisik dan keterampilan teknik dasar atlet tenis meja usia dini di kota semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 38-42.
Rizki, M. (2019). Minat Belajar Siswa - Fix.
Saleh dan Malinta. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembela jaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan kan Jasmani, 4 (1) : 55 -62
Sarjono & Sumarjo. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (untuk SMP/MTs kelas IX), Jakarta : CV Aneka Ilmu
Sugiyono (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di MAN 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225-225.
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di MAN 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225-225.