Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Mahasiswa Melalui Lembaga Dakwah Kampus: Studi Pada LDK IMMSAH Politeknik Negeri Pontianak

  • Baidhillah Riyadhi Politeknik Negeri Pontianak
  • Nelly Mujahidah Politeknik Negeri Pontianak
  • Khamim Politeknik Negeri Pontianak

Abstract

Tutorial pendidikan Islam dilakukan melalui intra-kurikuler dan ekstra kurikuler. Pada intrakulikuler pendidikan agama diajarkan oleh dosen Agama, sementara ekstrakurikuler dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Islam Kerohanian, yang juga dikenal sebagai Lembaga Dakwah Kampus (LDK). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran LDK IMMSAH dalam internalisasi nilai-nilai agama pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan Phenomenologik. sampel dalam penelitian ini, menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. pengumpulan data melalui pencarian dari dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan bentuk interaktif dari model analisis data.Kesimpulan dalam penelitian ini, 1) program kerja LDK IMMSAH terkait dengan internalisasi nilai-nilai Islam. 2) pelaksanaan program kerja LDK IMMSAH terkait dengan internalisasi nilai-nilai Islam berlangsung dengan baik. 3) ada beberapa saran untuk LDK IMMSAH dalam  menginternalisasikan nilai-nilai Islam pada mahasiswa.
Kata kunci: Internalisasi, Islam, Dakwah, Kampus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengeluarkan SK Nomor 38/DIKTI/Kep/2002 tanggal 18 Juki 2002 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Matakuliah Pengembangan Kepribadian (RRPM) di Perguruan Tinggi.

http://kbbi.web.id/internalisasi

https://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_Dakwah_Kampus#Kalimatan_Barat

Imam Muslim, tt, Shahih Muslim, Maktabah Syamilah, Juz. 2, Hadits No. 1467, hlm. 1090.

Integritas, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Karakter, Volume 2, No. 1, Desember 2013, ISSN 2338-0330, Program Studi Pendidikan Umum, Sekolah Pascasarjana UPI Bandung.

Kesuma, Dharma, dkk. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.

Lickona, Thomas. Character Matters. Terj. Junna Abdu Wamaungo dan Jean Antunes Rudolf Zien. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2013.

Mawardi, Imam, “Transinternalisasi Budaya Pendidikan Islam:Membangun Nilai Etika Sosial Dalam Pengembangan Masyarakat,” dalam Jurnal Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol. 8, No.1, Juni 2011: 27-52.

Mu’in, Fathul. (2011) .Pendidikan Karakter Konstuksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Mulyana, Aina, Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif,Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam KBM di SMPN 2 Cikeusik, Kab. Pandeglang, Banten.

Riyadhi, Baidhillah. (2011). Memahami Islam (Materi PAI Untuk Perguruan Tinggi Umum). Pontianak; STAIN Pontianak Press. 2011.

Saminan. “Internalisasi Budaya Sekolah Islami Di Aceh,” dalam Jurnal Ilmiah Peuradeun: International Multidisciplinary Journal, Vol. 3, No. 1, January 2015.

Sugiono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 dan Nomor 045/U/2002 tentang kurikulum inti.

Tim Penyusun, (1405 H), Al-Qur’an Al-Karim, Kerajaan Arab Saudi.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2020-06-16
How to Cite
Riyadhi, B., Mujahidah, N., & Khamim. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Mahasiswa Melalui Lembaga Dakwah Kampus: Studi Pada LDK IMMSAH Politeknik Negeri Pontianak. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 100-117. https://doi.org/10.22437/titian.v4i1.9557
Section
Articles