This is an outdated version published on 2018-06-30. Read the most recent version.

GROWING IN THE MIDDLE OF COMMUNIST AND ABANGAN (HISTORY OF MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG)

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v2i1.5216

Keywords:

Abangan, Komunis, Muhammadiyah, Pendidikan, Sejarah, Tulungagung.

Abstract

Sejarah Muhammadiyah di Tulungagung selalu luput dari peneliti. Jangankan berbicara tentang persyarikatan, nama kabupaten yang dilewati Sungai Brantas ini saja masih kurang familiar. Data dan fakta terkait sejarah Muhammadiyah di Tulungagung wajib diteliti. Karena di wilayah ini sangat kental nuansa abangan di masa kini dan komunis pada era sebelum 1965. Riset ini menggunakan metode penelitian literatur. Meskipun kenyataannya sumber tertulis mengenai Muhammadiyah di Tulungagung cukup sulit ditemukan. Untuk menutupi kekurangan dalam hal literatur maka dimanfaatkan juga metode wawancara. Hanya orang-orang dengan kapasitas yang sesuai dengan bidang penelitian ini lah yang diminta untuk menjadi responden. Hasil riset dapat dijadikan pelajaran berharga bagi semua orang. Baik akademisi, warga Muhammadiyah, umat Islam, ataupun masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Dikarenakan terdapat ibrah berharga. Ketika seseorang atau komunitas terkena tekanan bukan malah semakin kecil nyalinya. Namun sebaliknya. Justru lebih semangat dan menunjukkan berbagai prestasi membanggakan. Muhammadiyah Tulungagung patut diapresiasi di bidang keagamaan, pendidikan, seni budaya, dan politik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, Halim dkk, Riwayat Tokoh Muhammadiyah Tulungagung, Tulungagung: Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tulungagung, 2006.
Darban, Ahmad Adaby dan Muhammad Syakir, Sejarah Muhammadiyah Bagian I, Yogyakarta: Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pustaka, 1994.
Endraswara, S., Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan Ideologi Epistemologi, dan Aplikasi, Sleman: Pustaka Widyatama, 2006.
Harimurti, Shubhi Mahmashony, Hubungan antara Perkembangan Muhammadiyah Tahun 1912 – 1964 dan Tinggalan Arkeologisnya, Skripsi tidak dipublikasikan, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, 2011.
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1989.
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Schiffer, Michael B. “Social Theory and History in Behavioral Archaeology”. Dalam Expanding Archaeology, Ed. Skibo, James M. et.al., Salt Lake: University of Utah Press. Hlm. 35., 1995.
Shoim, Moh., Pola Pembinaan Masjid al-Fatah Tulungagung, Skripsi tidak dipublikasikan, Tulungagung: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, 1989.

Downloads

Published

2018-06-30

Versions

How to Cite

GROWING IN THE MIDDLE OF COMMUNIST AND ABANGAN (HISTORY OF MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG). (2018). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(1), 67 - 84. https://doi.org/10.22437/titian.v2i1.5216

Issue

Section

Articles