EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QIRA’AH PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS JAMBI

  • Kemas Abdul Hai Universitas Jambi
  • Neldi Harianto Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang Bagaimana proses pembelajaran Qira’ah dengan melihat dua asfek yaitu bagaimana proses pembelajaran Qira’ah terjadi di dalam lokal dan bagaimana hasil pembelajaran Qira’ah bagi mahasiswa yang berlatar belakang SMU (sekolah menengah umum) dan MA (madrasah aliyah). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran qira’ah terjadi dan bagaimana hasil pembelajaran qira’ah mahasiswa yang berlatar belakang sekolah menengah umum dan madrasah aliyah

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kebahasaan dengan menitik beratkan pada pemahaman teks-teks arab berdasarkan kaedah nahwu dan sharf serta pelafalan bacaan yang baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif untuk melihat proses pembelajaran yang terjadi, sumber data dalam penelitian ini adalah Mahasiswa dan dosen-dosen bahasa Arab khususnya dosen yang mengajarkan Qira’ah. Setelah data penelitian dikumpulkan, kemudian dianalisis dan dideskripsikan serta disimpulkan.

Hasil penelitian menemukan mahasiswa. Begitupun dengan Qira’ah Shamitah yang menekankan pada pemahaman isi teks bacaan dari hasil penelitian yang ditemukan di lapangan dengan menggunakan tes membaca, ditemukan pemahaman terhadap teks bacaan sudah cukup baik, dari 6 soal rata-rata mahasiswa bisa menjawab semua. Pada Qira’ah Jahriyah mahasiswa kesulitan menentukan kaedah nahwu dan Sharafnya.

 

Kata Kunci: efektifitas, pembelajaran, Qira’ah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-30
How to Cite
Hai, K., & Harianto, N. (2017). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QIRA’AH PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS JAMBI. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 1(2), 128 - 141. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/4224
Section
Articles