Budaya Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying Pengguna E-Commerce Shopee

Penulis

  • Nita Hernita Universitas Majalengka
  • Deni Istiono Universitas Majalengka
  • Latief Z Nur Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21597

Kata Kunci:

Hedonic Shopping Motivation; Sales Promotion; Impulse Buying

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya Pengguna E-Commerce Shopee yang melakukan Impulse Buying yang disebabkan oleh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion yang diberikan oleh shopee sebagai bentuk penyelarasan budaya modern yang mengarah kepada gaya hidup hedon dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial atau simultan Motivasi Belanja Hedonis dan Promosi Penjualan terhadap Impulse Buying pada Pengguna E-Commerce Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Majalengka sebanyak 6.660 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode simple random sampling menggunakan rumus Slovin menjadi 155 Mahasiswa Universitas Majalengka. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner dan hasil uji instrumen menyatakan bahwa semua item pernyataan valid dan reliabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis untuk uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Motivasi Belanja Hedonik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, sedangkan secara simultan Motivasi Belanja Hedonik dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying.

Kata Kunci: budaya; hedonic shopping motivation; sales promotion; impulse buying; e-commerce; shopee

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, S. F. (2019). Nalar Pendidikan Islam Kritis Transformatif Abad 21. Penerbit Mangku Bumi

Mirza, A. D. (2019). Milenial Cerdas Finansial. CV Jejak (Jejak Publisher).

Anita, Rahmawati, (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivations Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Dalam E-Commerce Berrybenka.com. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, (2017). Penetrasi Pengguna Internet Indonesia 2016. Survei Internet APJII.

Cahyorini, dan Rusfian. (2015). The Effect of Packaging Design On Impulsive Buying, Journal of Administrative Science & Organization, Vol. 2 No. 1, Maret 2015. Universitas Negeri Surabaya. Cahyorini, dan Rusfian. (2015). The Effect of Packaging Design On Impulsive Buying,Journal of Administrative Science & Organization, Vol. 2 No. 1, Maret 2015. Universitas Negeri Surabaya. https://scholarhub.ui.ac.id/jbb/vol18/iss1/2/

Ghozali. Imam. (2018) Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro,

Iskandar. 2018. Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Liputan6. Lima e-commerce indonesia tertinggi, Dipetik 24 Mei, 2018.

Kurniawan Sigit. (2018). Lima Tren e-Commerce Tahun 2018. Marketeers.com. Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya Malang. Vol.61,No.1. 18 Januari, 2018. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/issue/view/36

Kama, A. (2018). Inilah Tren E-Commerce 2018 di Indonesia Menurut Toko Online Ini. Diperoleh dari http://nextren.grid.id/read/0124363/inilah-tren-e-commerce-2018-diindonesia-menurut-toko-online-ini?page=all

Koski. (2019). Impulse Buying on the Internet: Encouraging and Discouraging Factors. Fronties of E-business Research. . Jurnal An-Nisbah, Vol.01, No. 02, April 2019. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/issue/view/21

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mawardi Ponti Kurniawan et al.(2016).Riset Pemasaran dan Konsumen, Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Risiko, Bogor: Institut Pertanian Bogor Press.

Morissan. (2019). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Paramita. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Hedonic Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 4, No. 1, 2015. Universitas Brawijaya. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3120

Primadhyta, S. (2015, 11 02). Berita bisnis: Generasi millenial RI paling impulsif belanja barang mewah. Diambil kembali dari CNN Indonesia: http://www.cnnindonesia.com

Reza Faisal. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi. Vol. 4. No. 1. Jurusan Manajemen, Universitas Padjajaran. http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/6179

Ria Arifianti. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Hypermarket Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 2, No.12.5 Februari 2015. Universitas Telkom. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=CO7VYpkAAAAJ&citation_for_view=CO7VYpkAAAAJ:UeHWp8X0CEIC

Safyra Primadhyta. (2015). Generasi Milenial RI Paling Impulsif Belanja Barang Mewah. CNN Indonesia. Dipetik 20 Februari, 2018.

Setiadi, N. J. (2018). Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen, Jakarta: Kencana..

Sinaga, Suharyono dan Srikandi, K. (2018). Stimulus Store Environment Dalam Menciptakan Emotion Responden dan Pengaruhnya Terhadap Impulse Buyingâ€, Jurnal Profit, Vol. 6, No. 2, 13 Februari, Hal 121 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. https://adoc.pub/leonardo-budi-h-se-mm-dosen-program-studi-manajemen-fakultas.html

Siregar dan Dewi. (2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivations Terhadap Impulsse Buying Pada Toko Online (Studi Pada Berrybenka.com). Jurnal Profit, Vol. 6, No. 3. https://profit.ub.ac.id/index.php/profit/issue/view/36

Suci Sekarayuning, (2019).Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Produk Pada Aplikasi Shopee Indonesia (Survei pada mahasiswa aktif Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Manajemen ICT FISIP Untirta No, 1404

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. (2018).Lima Prediksi Tren E-commerce di Indonesia pada 2018. Tribun Techno. Dipetik 13 Februari, 2018.

Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keprilakuan. Yogyakarta: Gajah Mada

Ummi, Rachma dan Afi Rachma. (2016). Pengaruh Shopping Life Style, Fashion Invelvement, Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Di Malang Town Square Dan Mall Olympic Gardenâ€. Jurnal Manajemen UNISMA

Utami, C.W. (2015). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis RItel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-08

Cara Mengutip

Hernita, N., Istiono, D., & Z Nur, L. (2022). Budaya Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying Pengguna E-Commerce Shopee. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 194-210. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21597

Terbitan

Bagian

Articles