Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Akting Berbasis Youtube pada Materi Olah Tubuh dan Olah Mimik

Main Article Content

Yusra D
Pamela Mikaresti
Agus Salim

Abstract

Abstrak


Keterbatasan media pembelajaran dan adanya kendala pemberian contoh olah tubuh dan olah mimik dalam mata kuliah akting menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan. Kendala itu terutama sekali belum adanya media selain buku sebagai panduan dalam latihan olah tubuh dan olah mimik untuk mata kuliah ini. Keterbatasan dosen yang sudah tidak muda lagi dan dipastikan juga harus mengajar mahasiswa yang bukan muhrimnya makin menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Untuk itu, dengan berpedoman kepada penelitian pengembangan model Lee dan Owen, media pembelajaran mata kuliah Akting ini dikembangkan dengan berbasis youtube. Dipilihnya youtube sebagai basis penelitian karena dalam kemajuan teknologi saat ini, youtobe dipandang sudah sangat familiar bagi mahasiswa dan merupakan media pencari informasi yang mudah diakses di Smartphone mahasiswa. Data dianalisis secara kualitatif untuk pengembangan media yang dilakukan dan secara kuantitatif untuk data penilaian uji coba terbatas kepada mahasiswa. Secara kualitatif, media pembelajaran ini sangat menyenangkan, bermanfaat, dan menarik. Secara kuantitatif, 90% (18 orang) dari 20 mahasiswa menyatakan media ini sangat membantu mereka dan menarik untuk digunakan karena musik pengiringnya pun sangat bagus. Dengan demikian, media ini sangat layak digunakan dan dipublikasikan.


Abstract


The limitations of the learning media and the constraints in giving examples of body work and facial expression in acting courses are the main reasons for this research. The obstacle is especially the absence of media other than books as a guide in bodybuilding and mimic exercises for this course. The limitations of lecturers who are no longer young and are certain to also have to teach students who are not Muslims are increasingly becoming obstacles in the learning process. For this reason, based on Lee and Owen's model development research, the instructional learning media was developed based on YouTube. YouTube was chosen as a research base because in the current technological advancements, YouTube is considered to be very familiar to students and is a media that is easily accessed on student smartphones. Data were analyzed qualitatively for the development of the media carried out and quantitatively for the assessment data of limited trials to students. Qualitatively, this learning media is very fun, useful, and interesting. Quantitatively, 90% (18 people) of 20 students said this media was very helpful for them and interesting to use because the accompanying music was very good. Thus, this media is very suitable to be used and published.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
D, Y., Mikaresti, P., & Salim, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Akting Berbasis Youtube pada Materi Olah Tubuh dan Olah Mimik. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/9494
Section
Vol. 10, No. 2 Desember 2020, Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra