Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Drama dengan Pendekatan Berbasis Masalah

Main Article Content

Pamela Mikaresti
Yusra Dewi

Abstract

Abstrak


Penelitian ini  bertujuan mengembangkan dan menyusun bahan ajar mata kuliah drama dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Hal ini dalandasi oleh perubahan kurikulum yang belum diiringi dengan tersedianya sumber belajar yang memadai dan berbagai hal lain. Untuk menggali masalah yang dialami mahasiswa, digunakan angket terbuka. Dari hasil angket ini disusun draft bahan ajar.  Hasilnya, mereka membutuhkan materi yang berkaitan dengan tata rias, tata lampu, tata busana, dan tata panggung. Materi yang memungkinkan dikembangkan adalah tata rias dan tata busana. Alasannya, kedua materi ini berkaitan dengan penampilan seorang tokoh drama pertunjukan. Pengembangan bahan ajar dimulai dengan tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, evaluasi, dan revisi. Untuk menguji pemahaman mahasiswa terhadap bahan ajar yang telah disusun, dilakukan uji coba atau praktek mengaplikasikan materi tata rias dan tata busana. Uji coba ini memperlihatkan hasil bahwa mahasiswa memahami dengan baik bahan ajar yang telah disusun. Bahan ajar ini divalidasi oleh dua orang. Satu orang validator adalah yang dipandang ahli dalam penelitian pengembangan dan satu orang lagi dipandang ahli dalam bidang drama. Hasilnya, bahan ajar ini layak dipakai dengan hasil secara umum sudah bagus. Sarannya, penelitian selanjutnya diharapkan membuat video pembelajaran untuk materi yang dikembangkan ini.


 


Kata kunci: bahan ajar, drama, pendekatan berbasis masalah


Abstract


This research aims to develop and compile teaching materials for Drama subjects at Department of Indonesian Language and Arts Education by using Problem-Based Learning Approach. Shifts in curriculum have not been followed by availability of adequate learning resources. This research used questionaire to explore possible problems experienced by the students in Drama course. This questionaire informed the drafting of teaching materials. Findings of this research showed that students need materials related to makeup, lighting, costume design, and the stage. Materials that were selected to develop were makeup and costume design. These topics are important for preparing students’ Drama performance. The development of teaching materials comprised some stages i.e. requirements analysis, design, development, evaluation, and revision. In order to measure students’ understanding of the materials developed, students were tested on their ability to apply make-up and costum design. The teaching materials were validated by an expert in research and development and an expert in Drama. They confirmed that the teaching materials developed by the researchers are good and fit for use. This research recommends that the next research will focus on developing video from the materials. 


Key words: teaching materials, drama, problem-based approach

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mikaresti, P., & Dewi, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Drama dengan Pendekatan Berbasis Masalah. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(2), 71-81. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/5314
Section
Artikel