BOOK REVIEW OF THEORIES OF ORGANIZATIONAL BEHAVIOR By John B. Miner (Research Professor of Management and Coordinator of Doctoral Programs for the College of Business Administration Georgia State University) Hinsdale, Illinois: The Dryden Press. 1980.

Authors

  • NurHasanah Nur Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v8i2.7819

Abstract

Buku Miner (1980) yang berjudul ‘Theories of Organizational Behavior’ ini memberikan beberapa kontribusi.Pertama, buku ini berkontribusi bagi perkembangan teori organisasi. Meskipun fokus buku ini hanya membahas sebagian saja dari keseluruhan bidang studi organisasional, yaitu bagian yang disebut perilaku organisasional, atau analisis level mikro (level konsiderasi individual dan kelompok kecil), namun juga memberikan kontribusi pada perkembangan teori organisasi yang berfokus pada level makro. Seperti yang dikatakan Robbins (1990) bahwa perbedaan mikro-makro ini menciptakan beberapa tumpang tindih sehingga orang yang mempelajari OB harus mempertimbangkan hubungan struktur-perilaku.Terkadang beberapa topik mikro relevan dengan studi OT.

Kedua, buku ini berkontribusi dalam memberikan masukan bagi para akademisi dan peneliti serta praktisi (dalam hal ini manajer) karena menjelaskan manfaat teoritis dan manajerial dari teori-teori yang dibahas yang sudah terbukti kontribusinya di lapangan terhadap pemahaman mengenai organisasi dan praktek-praktek manajemen. Bagi para peneliti diberikan saran untukriset mendatang dan apa saja yang harus diperhatikan dalam melaksanakan risetnya, dan bagi para manajer diberikan saran dalam membuat kebijakan-kebijakan dalam organisasi.

Ketiga, buku ini menjadi pondasi dan inspirasi berkelanjutan bagi Miner sendiri dalam mengembangkan buku-buku teori organisasi –yang hal ini sangat bermanfaat bagi banyak orang.Buku ini adalah buku pertama Miner yang membahas bidang studi organisasional, yang berfokus pada analisis level mikro. Buku Miner selanjutnya dalam serial buku terkait teori-teori perilaku organisasional pada analisis level mikro ini berjudul ‘Organizational Behavior: Foundations, Theories, and Analysis’ (2002) dan buku ‘Organizational Behavior 1: Essential Theories of Motivation and Leadership (2005). Setelah itu, Miner mulai membahas teori-teori studi organisasional pada analisis level makro dengan menulis sebuah buku yang berjudul ‘Organizational Behavior 2: Essential Theories of Process and Structure (2006). Teori-teori analisis level makro inilah yang disebut dengan Teori Organisasi (OT).

Selanjutnya, Miner menulis lagi buku-buku selanjutnya yang berjudul ‘Organizational Behavior 3: Historical Origins, Theoretical Foundations, and The Future’ (2006), ‘Organizational Behavior 4: From Theory to Practice’ (2007), ‘Organizational Behavior 5: From Unconscious Motivation to Role-Motivated Leadership’ (2008), dan terakhir ‘Organizational Behavior 6: Integrated Theory Development and The Role of The Unconscious’ (2011). Academy of Management Review selalu menyebut keenam rangkaian buku Miner ini (Organizational Behavior 1 – 6) sebagai state of the art of organizational behaviour theories (state of the art dari teori-teori perilakuorganisasional).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-08 — Updated on 2019-10-08

How to Cite

Nur Hasanah, N. (2019). BOOK REVIEW OF THEORIES OF ORGANIZATIONAL BEHAVIOR By John B. Miner (Research Professor of Management and Coordinator of Doctoral Programs for the College of Business Administration Georgia State University) Hinsdale, Illinois: The Dryden Press. 1980. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 8(2), 58-68. https://doi.org/10.22437/jmk.v8i2.7819