PENGARUH KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI KASUS PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAMBI)

Authors

  • Laura Prasasti

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v6i3.4256

Abstract

Bank Pembangunan Daerah Provinsi Jambi merupakan salah satu perbankan yang  menghadapi persaingan dengan bank lainnya. Hal ini menuntut pihak manajemen harus memanfaatkan kemampuan yang ada secara maksimal, agar dapat memenangkan persaingan. Untuk memenangkan persaingan salah satunya dengan meningkatkan kinerja manajerial. Dalam usaha mencapai tujuan perusahaan maka diperlukan sistem akuntansi manajemen yang baik. Fungsi mendasar dalam akuntansi manajemen adalah menyediakan informasi yanng sangat penting dalam pengambilan keputusan dan membantu manajer mengendalikan aktivitasnya, sehingga diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik sistem informasi akuntansiterhadap kinerja manajerial pada Bank Pembangunan Daerah Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Indikator untuk mengukur karakteristik informasi adalah broadscope, agregasi, integrasi dan timeliness. Adapun kinerja manajerial diukur dengan faktorkemampuan manajer dalam membuat perencanaan, mencapai target dan melakukan kiprahnya diluar perusahaan. Penelitian ini terdiri atas variabel karakteristik sistem akuntansi manajemen sebagai variabel bebas dan kinerja manajerial sebagai variabel terikat. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh karakteristik sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial. Variabel yang paling dominan atau besar pengaruhnya adalah Timeliness (tepat waktu).

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-10 — Updated on 2017-12-10

How to Cite

Prasasti, L. (2017). PENGARUH KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI KASUS PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAMBI). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 6(3), 208-219. https://doi.org/10.22437/jmk.v6i3.4256