MENINGKATKAN PERILAKU INOVATIF KARYAWAN MELALUI DUKUNGAN ORGANISASI DAN DUKUNGAN PRIBADI KARYAWAN DI SEKTOR MEDIA MASSA
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v14i01.40094Abstract
Industri media massa menghadapi tantangan yang dipicu oleh munculnya konvergensi digital. Kemampuan perusahaan media untuk membangun budaya inovasi dan kreativitas di antara karyawannya adalah hal yang paling penting. Namun, mempromosikan perilaku inovatif tidak hanya terkait dengan kemampuan individu; hal ini juga memerlukan lingkungan organisasi yang mendukung. Penelitian ini meneliti mekanisme hubungan antara faktor dukungan organisasi dan faktor dukungan individu karyawan terhadap perilaku kerja inovatif serta efek moderasi dari sentralitas kerja dalam hubungan-hubungan tersebut. Pengujian hipotesis menggunakan Partial Least Squares SEM (PLS-SEM) dengan menggunakan sampel 345 karyawan dari perusahaan media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel organizational climate, Rewards, leader member-exchange, knowledge sharing, proactive personality dan employee creativity berpengaruh positif terhadap innovative work Behaviour. Temuan penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang kerangka kerja komprehensif perilaku kerja inovatif dalam konteks industri media massa. Manajemen dapat mengembangkan berbagai cara untuk meningkatkan perilaku kerja inovatif karyawan mereka.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yasmin Afnan, Elok Savitri Pusparini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.