PENGARUH BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH BRAND AFFECTION, CUSTOMER SATISFACTION, DAN BRAND PASSION
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i05.37325Abstract
Loyalitas merek merupakan komitmen yang dipahami oleh pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang disukai secara berulang-ulang di masa depan. Literatur dalam meningkatkan loyalitas masih memiliki inkonsistensi seperti pengalaman merek pada beberapa artikel terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan namun penelitian lain tidak terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Penelitian ini dibutuhkan untuk eksploratif lebih lanjut variabel apa yang memiliki pengaruh terhadap peningkatan loyalitas merek dengan menambahkan afeksi merek, kepuasan pelanggan, dan gairah merek sebagai pemediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek dimediasi afeksi merek, kepuasan pelanggan, dan gairah merek secara parsial dan simultan. Penelitian ini melibatkan 194 responden pengguna IPhone dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-propability dengan purposive sampling, sedangkan olah data menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa pengalaman merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek; gairah merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Analisis pemediasi lainnya menunjukkan bahwa seluruh variabel dapat memediasi pengalaman merek terhadap loyalitas merek.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A. Regita Cahya, N. Kusuma Ningrum, L. Tria Hatmanti Hutami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.