ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BRAND PERSONALITY PARTAI GERINDRA DI KECAMATAN BETARA DAN KUALA BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PADA PEMILU 2014

Authors

  • MUHAMMAD YASIR Staf Pengajar Pada STIE IKABAMA Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v5i3.3611

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Betara dan Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan judul “Analisis persepsi Masyarakat Terhadap Brand Personality Partai Gerindra di Kecamatan Betara dan Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Pada Pemilu 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi brand personality yang  memiliki hubungan asosiatif dengan persepsi pemilih partai Gerindra pada saat Pemilu Legislatif 2014. Di dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu merupakan kenyataan atau fenomenal-fenomenal yang ada dilapangan dan kemudian di analisis dengan teori dan konsep yang relavan dan variable diukur dengan skala likert. Data primer  yang diperoleh dari responden pemilih partai Gerindra di hitung dengan tabulasi data dan kemudian diolah untuk pengujian hipotesis asosiatif dengan analisis Chi-Square. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui dimensi Sincerity merupakan dimensi yang memberikan dorongan paling besar terhadap persepsi dan harus menjadi focus pada pemilu mendatang agar Partai Gerindra dapat membuat pemilih lebih mempercayakan hak suaranya. Pada output yang ketiga menampilkan hasil pengujian keterkaitan antar kedua variabel ini melalui uji Chi-Square, dimana diperoleh nilai χ2 hitung sebesar 121,011 dengan nilai signifikansi (Asymp. Sig. (2-sided)) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, terlihat bahwa nilai signifikansi (0.000) < α (0,05) sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara brand personality dengan persepsi untuk memilih Partai Gerindra di Kecamatan Betara dan Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan atau sumbangan pemikiran bagi Partai Gerindra dalam rangka meningkatkan kualitas anggota legislatifnya. Hasil penelitian ini juga diharapkan akan menjadi referensi yang bermanfaat bagi peneliti-peneliti selanjutnya dalam mengkaji political marketing pada bidang ilmu manajemen pemasaran. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-20 — Updated on 2016-12-20

How to Cite

YASIR, M. (2016). ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BRAND PERSONALITY PARTAI GERINDRA DI KECAMATAN BETARA DAN KUALA BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PADA PEMILU 2014. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.22437/jmk.v5i3.3611