PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v3i2.3112Abstract
Suatu negara yang ingin memiliki perekonomian tangguh harus didukung dengan pengembangan sektor kewirausahaan. Indonesia masih tertinggal dibanding negara tetangga, seperti Malaysia yang jumlah wirausahawannya di atas tujuh persen dari total penduduk. Jumlah wirausahawan yang ada di Indonesia saat ini masih sekitar 1,56 persen dari total jumlah penduduk. Untuk itu Indonesia membutuhkan sedikitnya empat juta wirausaha seiring dengan kian dekatnya Komunitas ASEAN pada tahun 2015. Pemerintah Indonesia menargetkan pada 2025 Indonesia bisa masuk jajaran 10 besar dunia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi tangguh. Dalam hal penciptaan wirausaha baru, pemerintah telah menyiapkan berbagai dukungan, seperti pendidikan, pelatihan atau pendampingan, kemudahan akses permodalan, dan bantuan untuk berkolaborasi dengan sektor usaha besar. Hal inilah yang menyebabkan pendidikan kewirausahaan berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyak perguruan tinggi yang membuat subjek kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswanya, baik perguruan tinggi maupun swasta. Universitas Jambi khususnya Fakultas Ekonomi juga telah menetapkan mata kuliah sebagai mata kuliah wajib, bahkan pada tahun 2009 telah dilakukan lokakarya pembentukan konsentrasi kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh metode pembelajaran konstruktif mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analisis. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dengan subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jambi jurusan Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan serta Akuntansi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 . NOVITASARI, NOVITA EKA SARI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.