PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI RISIKO, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BANK DIGITAL (SEABANK) (STUDI PADA MASYARAKAT KARAWANG TIMUR)

Authors

  • Widia Lestari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sihabudin Sihabudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Robby Fauji Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.28135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan, persepsi resiko, dan kemudahan penggunaan berdampak pada keinginan untuk menggunakan bank digital. Penelitian kuantitatif deskriptif adalah jenisnya. Penelitian ini melibatkan masyarakat Karawang Timur dan 102 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disediakan oleh Google Form dan metode Analisis Linear Berganda. Karena Literasi Keuangan secara parsial tidak mempengaruhi minat menggunakan, nilai t adalah 0.236 di bawah 1.984 dan tingkat signifikan adalah 0.814 di atas 0.05. Dengan nilai t hitung untuk variabel persepsi risiko sebesar 3.098 > 1.984 dan milai signifikan 0.003 < 0.05, persepsi risiko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat. Selanjutnya, variabel kemudahan penggunaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dengan nilai t hitung untuk variabel kemudahan penggunaan sebesar 5.027 > 1.984 dan milai signifikan 0.000 < 0.05. Dengan nilai F hitung 27.853 lebih besar dari 2.696 dan nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari 0.05, literasi keuangan, persepsi risiko, dan kemudahan penggunaan semuanya berdampak positif dan signifikan pada minat masyarakat karawang timur untuk menggunakan bank digital Seabank.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, Ratna, Saras Sati, and M Ramaditya. 2020. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card).†Stei, 1–20. http://repository.stei.ac.id/1990/1/Ratna Asri Saras Sati 21177500443_ArtikelIndonesia.pdf.

Citra Savitri, and Robby Fauji. 2021. “Model Electronic Word of Mouth Dan Rating Dalam Mempengaruhi Minat Beli Pada Marketplace Shopee Pada Masa Pandemi Covid-19.†Buana Ilmu 6 (1): 1–12. https://doi.org/10.36805/bi.v6i1.1980.

Giriani, Aulia, and Susanti. 2021. “Pengaruh Literasi Keuangan, Fitur Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan E-MONEY.†JAE: Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi 6 (2): 27–37. https://doi.org/10.29407/jae.v6i2.15921.

Mardiana, Nadia Yusni, Natan Abiel Utomo, and Yeni Rizki Amaliah. 2022. “Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Kemudahan Teknologi Internet Terhadap Efektifitas Perusahaan Di JABODETABEK.†Ekonomika 6: 1–10.

Nurdin, Winda Nur Azizah, and Rusli. 2020. “Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.†Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah 2 (2): 199–222. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i2.32.198-221.

OJK. 2017. “Salinan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30 /Seojk.07/2017.†Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Pradini, Krissandi Tunggal, and Susanti Susanti. 2021. “Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bca, Bni, Bri.†E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 10 (10): 859. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p04.

Safira, Marisa Eka, and Susanti Susanti. 2020. “Pengaruh Literasi Keuangan, Promosi Uang Elektronik, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik.†JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan 4 (2): 97–112. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n2.p97-112.

Suryanto, Suryanto, and Mas Rasmini. 2018. “Analisis Literasi Keuangan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.†Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi 8 (2). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1336

Veronica ong, Nuryasman MN. 2022. “Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan Linkaja.†Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 4 (2): 516. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18259.

Walgito, Bimo. 2015. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta.

Wibowo, Edi Wahyu. 2018. “Analisis Ekonomi Digital Dan Keterbukaan Terhadap Pertumbuhan Gdp Negara Asean.†Jurnal Lentera Bisnis 7 (2): 66. https://doi.org/10.34127/jrlab.v7i2.235.

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Lestari, W. ., Sihabudin, S., & Fauji, R. . (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI RISIKO, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BANK DIGITAL (SEABANK) (STUDI PADA MASYARAKAT KARAWANG TIMUR). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(04), 1140-1154. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.28135