PERAN PERSONAL SELLING DAN PENGGUNAAN APLIKASI KLIK INDOMARET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Edy Arisondha Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Galih Ginanjar Saputra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fadhilah Fadhilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Solehatin Ika Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.24249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Personal Selling dan Penggunaan Aplikasi Klik Indomaret terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory survey dengan teknik analisis regresi berganda dimana pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 106 orang konsumen belanja Klik Indomaret dengan menggunakan Google Form. Maka diketahui bahwa t hitung 5,867 > t tabel 1,663 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dari hasil penelitian menghasilkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau Personal Selling berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Untuk nilai t hitung variabel aplikasi sebesar 2,072 dengan nilai signifikansi 0,041. Maka diketahui bahwa t hitung 2,072 < t tabel 1,663 dengan nilai signifikansi 0,041 > 0,05. Sehingga dari hasil penelitian menghasilkan bahwa H2 ditolak dan H3 diterima atau aplikasi Klik Indomaret berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji F menunjukan bahwa nilai F hitung 327,747 > F tabel 3,09 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dari hasil penelitian menghasilkan bahwa H4 ditolak dan H5 diterima atau Personal Selling dan Klik Indomaret berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

 

Kata kunci: Personal Selling, Klik Indomaret, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Albar Tanjung, M.Si , Muliyani, SE, M.Si, MA (Acc) • 2021, Metodologi Penelitian Sederhana, Ringkas Padat dan Mudah Dipahami,Penerbit: Acopindo Media Pustaka

Alhasanah, Kertahadi, Riyadi. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com).

Cipta Pramana, Angka Utama, Olyvia Ririmasse • 2021, Dasar Ilmu Manajemen, Penerbit: Media Sains Indonesia

George R. Terry, Leslie W. Rue 2019, Dasar-dasar Manajemen Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara

Harmayani, H., Marpaung, D., Hamzah, A., Mulyani, N., & Hutahaean, J. Jakarta : Yayasan Kita Menulis

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta diakses pada 26 maret 2022

https://penelitianilmiah.com/regresi-linierberganda/ diakses pada 26 Maret 2022

https://serupa.id/teknik-analisis-datapenelitian- kualitatif-dan-kuantitatif/ diakses pada 22 Maret 2022

https://www.ekrut.com/media/personalselling diakses pada 23 Maret 2022

Martini,E., & Jasfalini, S. 2022. Seni Pemasaran Kontemporer. Bandung : CV Media Sains Indonesia

Nangi, Iman Yosafat, dan I Putu Gede Sukaatmadja. 2015. Pengaruh Aplikasi TAM dan Kepercayaan terhadap Minat Mahasiswa Membeli Ulang Menggunakan E-Commerce dalam Pembelian Produk Pakaian dan Aksesoris. ISSN: 2302-8912. E-Jurnal Manajemen Unud.Volume 4.Nomor 7.

Ni Desak Made Santi Diwyarthi, M.Si, I Wayan Adi Pratama, S.Tr.Par., Dr. Ir. Supriadi Legino MM MBA MA, Dr. Herie Saksono, M.Si. Buku Ajar Pengantar Mamanjemen

Priyono Marjuki dan Yoyok Soesatyo, 2016. Influenc of motivation and dicipline on the performance of employees (studies on,, Cv eastern star home in surabaya). Journal of Global Economics, Management and Business Research . - 2016. - p. 214.

Pua Tingga, C., Sholihat, W., Susanto, P.C., Handayani, T., Junaedi, W.R., Putra, K.A.M., Utami, M.A.J.P., Wardhana, A., Pertiwi, W.N.B., Grace, E.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta : Penerbit Andi

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Arisondha, E. ., Saputra, G. G. ., Fadhilah, F., & Putri, S. I. . (2023). PERAN PERSONAL SELLING DAN PENGGUNAAN APLIKASI KLIK INDOMARET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(01), 286-298. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.24249