PERAN PERSONAL SELLING DAN PENGGUNAAN APLIKASI KLIK INDOMARET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.24249Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Personal Selling dan Penggunaan Aplikasi Klik Indomaret terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory survey dengan teknik analisis regresi berganda dimana pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 106 orang konsumen belanja Klik Indomaret dengan menggunakan Google Form. Maka diketahui bahwa t hitung 5,867 > t tabel 1,663 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dari hasil penelitian menghasilkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau Personal Selling berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Untuk nilai t hitung variabel aplikasi sebesar 2,072 dengan nilai signifikansi 0,041. Maka diketahui bahwa t hitung 2,072 < t tabel 1,663 dengan nilai signifikansi 0,041 > 0,05. Sehingga dari hasil penelitian menghasilkan bahwa H2 ditolak dan H3 diterima atau aplikasi Klik Indomaret berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji F menunjukan bahwa nilai F hitung 327,747 > F tabel 3,09 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dari hasil penelitian menghasilkan bahwa H4 ditolak dan H5 diterima atau Personal Selling dan Klik Indomaret berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci: Personal Selling, Klik Indomaret, Keputusan Pembelian
Downloads
References
Ahmad Albar Tanjung, M.Si , Muliyani, SE, M.Si, MA (Acc) • 2021, Metodologi Penelitian Sederhana, Ringkas Padat dan Mudah Dipahami,Penerbit: Acopindo Media Pustaka
Alhasanah, Kertahadi, Riyadi. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com).
Cipta Pramana, Angka Utama, Olyvia Ririmasse • 2021, Dasar Ilmu Manajemen, Penerbit: Media Sains Indonesia
George R. Terry, Leslie W. Rue 2019, Dasar-dasar Manajemen Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara
Harmayani, H., Marpaung, D., Hamzah, A., Mulyani, N., & Hutahaean, J. Jakarta : Yayasan Kita Menulis
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta diakses pada 26 maret 2022
https://penelitianilmiah.com/regresi-linierberganda/ diakses pada 26 Maret 2022
https://serupa.id/teknik-analisis-datapenelitian- kualitatif-dan-kuantitatif/ diakses pada 22 Maret 2022
https://www.ekrut.com/media/personalselling diakses pada 23 Maret 2022
Martini,E., & Jasfalini, S. 2022. Seni Pemasaran Kontemporer. Bandung : CV Media Sains Indonesia
Nangi, Iman Yosafat, dan I Putu Gede Sukaatmadja. 2015. Pengaruh Aplikasi TAM dan Kepercayaan terhadap Minat Mahasiswa Membeli Ulang Menggunakan E-Commerce dalam Pembelian Produk Pakaian dan Aksesoris. ISSN: 2302-8912. E-Jurnal Manajemen Unud.Volume 4.Nomor 7.
Ni Desak Made Santi Diwyarthi, M.Si, I Wayan Adi Pratama, S.Tr.Par., Dr. Ir. Supriadi Legino MM MBA MA, Dr. Herie Saksono, M.Si. Buku Ajar Pengantar Mamanjemen
Priyono Marjuki dan Yoyok Soesatyo, 2016. Influenc of motivation and dicipline on the performance of employees (studies on,, Cv eastern star home in surabaya). Journal of Global Economics, Management and Business Research . - 2016. - p. 214.
Pua Tingga, C., Sholihat, W., Susanto, P.C., Handayani, T., Junaedi, W.R., Putra, K.A.M., Utami, M.A.J.P., Wardhana, A., Pertiwi, W.N.B., Grace, E.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta : Penerbit Andi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Edy Arisondha, Galih Ginanjar Saputra, Fadhilah Fadhilah, Solehatin Ika Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.