PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KINERJA USAHA DIMEDIASI KEUNGGULAN BERSAING PADA BUMDES DI KABUPATEN KERINCI

Authors

  • Rozi Efriadi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.18637

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji hasil analisis pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing, pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Keunggulan Bersaing, pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Usaha, pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha, pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Kinerja Usaha, dan pengaruh Orientasi kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha terhadap Kinerja Usaha dimediasi Keunggulan Bersaing. Populasi pada penelitian ini adalah BUMDes dengan Kategori Aktif yang berjumlah 161. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan Dengan kriteria unit sampel dalam penelitian ini adalah BUMDes kategori aktif/memiliki kegiatan, dan memiliki omset 2 tahun berturut-turut. Responden pada penelitian ini adalah Direktur/Ketua BUMDes yang diyakini bisa mewakili pengurus BUMDes dengan jumlah sebanyak 73 orang dari 73 BUMDes yang masing-masing terdiri dari 1 responden setiap BUMDes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan PLS-SEM yang terdiri dari analisis outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing, Motivasi Berwirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, Keunggulan Bersaing berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Usaha, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Usaha, Motivasi Berwirausaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Usaha, dan Orientasi Kewirausahaan dan Motivasi berwirausaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Usaha dimediasi Keunggulan Bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cynthia V. Djodjobo., H. N. T. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMBA, 2(3), 1214–1224. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55

E. Porter, M. (1993). “Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul.†PT. Gramedia, Jakarta.

Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 1–15. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12175

Fatmawati, R. A., Pradhanawati, A., & N. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran pada Warung Kucingan/Angkringan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 351–352.

Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS.

Heri Purwanto, Trihudiyatmanto, M. (2018). Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra UMKM Carica di Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.211

Hidayat, M., & Citra. (2019). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Motivasi Berwirausaha terhadap Kinerja Bisnis Warung Kopi di Kota Makassar. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136.

https://www.kemendesa.go.id/. (2020).

https://idm.kemendesa.go.id

I Made Suhartana Putra, G. S. (2020). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9(No. 7), 2852–2871. https://doi.org/: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p19

Indrawijaya, S., Lubis, T. A., & Firmansyah. (2020). Faktor-faktor Ketidakaktifan BUMDES di Provinsi Jambi. Salim Media Indonesia.

Isra Ul Huda, Anthonius J. Karsudjono, P. N. M. (2020). Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ). Jurnal Mitra Manajemen, 4 No 3, 392–407. http://e-jurnalmitramanajemen.com

Leon C. Prieto. (2010). Proactive Personality And Entrepreneurial Leadership: Exploring The Moderating Role Of Organizational Identification And Political Skill. Academy of Entrepreneurship Journal, Volume 16, 107.

Li, S., Ragu-Nathan, B., Ragu-Nathan, T.S. & Subba Rao, S. (2006). The impact of supply chain management practices on competitive advantage and organizational performance. Omega, 34((1)), 107 – 124. https://doi.org/10.1016/j.omega.2004.08.002

Lumpkin, G. T., & Dess, G. G. (1996). the Entrepreneurial Clarifying It Construct and Linking Orientation. Academy of Management Review, 21(1), 135–172.

Medhika, N. G. A. J., Giantari, I. G. A. K., & Yasa, N. N. K. (2018). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dengan Kinerja UKM. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(2), 183–195. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i2.29

Mentari Ritonga, Y. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Di Kota Padang. EcoGen, 2(Juni).

Michael E. Porter. (1985). Competitive Advantage. New York: Free Press ⎯⎯⎯. (2008), “The Five Competitive Forces That Shape Strategy.†Special Issue on HBS Centennial. Harvard Business Review86, no. 1 (January 2008): 78–93.

Michael E. Porter. (2008). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Kharisma Publishing. Tangerang.

Moeheriono. (2012). “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensiâ€. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Edisi Revi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Musrifah, M., & Muwartinigsih, M. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhdapap Kinerja Pemasaran Melalui keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, 6(4), 496–505. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/19211

Nurandini, A., Lataruva, E., Prof, J., & Sh, S. (2014). Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Pegawai Perum Perumnas Jakarta ). 11

Permana, I. (2020). Kinerja Usaha Bumdes Di Kabupaten Bekasi Dipengaruhi Oleh Orientasi Kewirausahaan, Teknologi Digital Kewirausahaan Dan Motivasi Usaha. Jurnal Usaha, 1(2), 11–18.

Prasetya, N. D. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada UMKM Kabupaten Magelang). Universitas Muhammadiyah Magelang.

Prasetyo, R. A. (2017). "Peranan Bumdes Dalam Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pejambon Kecamatan ... Jurnal Dialektika Volume, XI(March 2016), 86–100.

Porter, M. E. (1990). “Keunggulan Bersaing, Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul.†Jakarta : Erlangga.

Prof. Dr. Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitaif, kualitatif dan R&D. (Kedua). Bandung, Alfabeta.

Putra, N. P. (2019).Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Bisnis, Dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha Pada Start-Up Bisnis Coffee Shop Di Kawasan Medan Sunggal Dan Medan Johor. Universitas Sumatera Utara.

Putri, S. M. (2020). Pengaruh Keunggulan Bersaing dan Kompetensi KewirausahaanTerhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)(Studi Empiris pada UMKM di of Public and Business Accounting, 43–53. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v3/index.php/jopba/article/view/119

Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.510

Rini, Lisnini , Fetty Maretha, yulia febrianti. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 405–405.

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan: Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Schermerhorn. (2002). Management (7 ed). New york:: John Wiley & Sons inc.

Sriayudha, Y., Octavia, A., & Indrawijaya, S. (2020). Entrepreneurial Orientation and Market Orientation in Business Performance of SMEs: An Exploration of the Impact on E-Commerce Adoption. 145(Icebm 2019), 158–163. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200626.029

Sukmamedian, H. (2021). Entrepreneurial Orientation on Food and Beverage SMEs’ Performance: The Role of Competitive Advantage and Innovation. Budapest International Research and Critics Institute-Journa, 4(3), 5288–5297. http://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2319

Thesman, T., Retno, R. R., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Hubungan Entrepreneurial Motivation Terhadap Kinerja Minuman Di Surabaya Dan Sidoarjo. 2(2).

Trihudiyatmanto, M., & Purwanto, H. (2018). Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Orientasi Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha pada Sentra Umkm Pande Besi di Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 31–41. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.210

Wambui Wambugu, A., Gichira, P. R., & Wanjau, D. K. (2016). Influence of Entrepreneurial Orientation on Firm Performance of Kenya’s Agro Processing Small and Medium Enterprises. IOSR Journal of Business and Management, 18(09), 89–96. https://doi.org/10.9790/487x-1809028996

Westerberg, M. dan J. W. (2008). Entrpreneur Characteristics and Mdnagement Control: Conlingency Inluences on Business Performance. Journal of Business and Entrepreneurship., Vol.20.(No. l.).

Widiatmo, G., & Retnawati, B. B. (2019). Peran Orientasi Kewirausahaan Dan Sumber Daya Perusahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Mekarsari Kandri Semarang. Journal of Business and Applied Management, 12(2), 117–130. http://repository.unika.ac.id/19553/

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Efriadi, R. . (2023). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KINERJA USAHA DIMEDIASI KEUNGGULAN BERSAING PADA BUMDES DI KABUPATEN KERINCI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(2), 388-402. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.18637