PERAN KOORDINASI PIMPINAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-E) DI KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI

Authors

  • Chessy Elsera Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.18188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendiskripsikan, menganalisis dan mengiterpretasikan peran koordinasi Pimpinan untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-elektronik) di Kantor Kecamatan JelutungKota Jambi;  2) untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan faktor pendukung dan penghambat peran koordinasi Pimpinan untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-elektronik) di Kantor Kecamatan Jelutung Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan informan antara lain : Informan pada penelitian ini sebanyak    ada 6 (enam) orang yaitu; Sekretaris Camat Jelutung (1 orang), Kepala Lurah Kebun Handil (1 orang), Kepala Seksi Pemerintahan Umum (1 orang), Operator KTP-elektronik (2 orang) dan Masyarakat (1 orang). Analis data dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Kesimpulan penelitian. Koordinasi horizontah sudah cukup baik, pada pelaksanaan terdapat hambatan terkait dengan perekaman e-KTP; 2) koordinasi horizontan memiliki hambatan seperti antrian Panjang dan ketidak hadiran petugas sehingga mengnggu pelayanan perekam e-KTP;3) kontro terhadap proses mulai dari perekaman belum optimal, terutama yang bersentuhan langsung dengan pelayana, sehingga peran camat sebagai pimpinan tertinti terkesan belum optimal.  Saran pada penelitian  ini pembagian tugas yang sesuai,menambah fasilitas yang dibutuhkan, meningkatkan pengawasan sebagai peran camat dalam meningkatkan kinerja, memberikan surat peringatn (SP) bagi pegawai yang tidak menjalankan tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dian, N., & Lina, N. (2020). Pengaruh Komunikasi, Disiplin, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Extrupack Bekasi Barat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indones, 3, 1–25. http://repository.stei.ac.id/1655/

Dwiyanto, 2010, Penilaian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik, UGM, Yogyakarta.

Edy Sutrisno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenada Media Group.

Emron Edison. Manajemen Sumber Daya Manusia : Strategi Dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai Dan Organisasi (2017), Bandung,Alfabeta.; ISBN : 9786022892168

Handoko T. Hani, 2010, Manajemen edisi II, EPFD: Jakarta.

Hani Handoko. (2000). Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hadiyanti, H. (2015). Peran Kepemimpinan Camat dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Birokrasi di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Administrasi Negara, 3(1), 206–219.

Kotler, Philip, 2011, Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta.

Mukarom Zaenal dan Wijaya Laksana. 2018. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia

Malayu S.P Hasibuan. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Priyanto Agus, 2010, Pelayanan Publik, Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Elsera, C. . (2023). PERAN KOORDINASI PIMPINAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-E) DI KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(2), 334-347. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.18188