PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, LIKUIDITAS, DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP DIVIDEND POLICY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019

Authors

  • Ryan Jekta Friza Badan Restorasi Gambut dan Mangrove

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.17999

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2015-2019. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teknik analisa diantaranya : analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel serta uji hipotesis.Hasil dari penelitian ini  berdasarkan Uji Parsial ( Uji T ) diperoleh : (a) berpengaruh positif dan signifikan antara investment opportunity set terhadap dividend policy dengan tingkat signifikan, (b) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara likuiditas terhadap dividend policy dengan tingkat signifikan, (c) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kebijakan hutang terhadap dividend policy dengan tingkat signifikan. Sedangkan berdasarkan uji hipotesis secara simultan ( Uji F ) dapat diketahui tingkat signifikan. Penulis dapat berkesimpulan bahwa investment opportunity set, likuiditas, dan kebijakan hutang terhadap dividend policy. Hal ini juga menunjukkan besarnya kontribusi variabel investment opportunity set, likuiditas, dan kebijakan hutang terhadap dividend policy, sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti diluar penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abor, Joshua dan Bokpin, A. Godfred. 2010. Judul penelitian Investment opportunities, corporate finance, and dividend payout policy: Evidence from emerging markets

Andriyani, Maria. 2011. Analisis Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Insider Ownership, Investment Opportunity Set (IOS), Dan Profitability Terhadap Kebijakan Deviden (Studi Empiris Pada Perusahaan Automotif Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2010). Magister Magister Manajemen, Universitas Diponegoro. Semarang.

Asnawi, Said Kelana. 2015. FINON. Finance For Non Finance. Jakarta: Raja Grafindo

Ayu, Tika Puspita Wati. 2015. Pengaruh Return On Asset, Debt To Equity Ratio, Collateral Asset, Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Kebijakan Deviden (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Fakultas Ekonomi. Universitas Negri Yogyakarta.

Bhismoko, Syahid Haryo. 2018. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Brighman dan Houston. 2010. Dasar-Dasar Manjemen Keuangan. Buku 1, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Fahriyani, Iin. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Investment Opportunity Set, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Debt To Equity Ratio Dan Kepemilikan Institusional Sebagai Moderating Variable.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Immanuela, Intan. 2011. AnalisisPengaruh Collateral Asset, Debt to Equity Ratio , Kepemilikan Institusional, dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI.

Kamaludin, Rini Indriani. 2012. MANAJEMEN KEUANGAN “ Konsep Dasar dan Penerapannyaâ€. Edisi Revisi. Bandung: Mandar Maju.

Kasmir. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi 1.Jakarta :Kencana Prenada Media Grup

Larasati, Dessy Dwi. 2018. Pengaruh Likuiditas, Kesempatan Investasi dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen

Mauliyanti, Aisyah. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Pertumbuhan Perusahaan, Efektivitas Usaha, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Periode 2013-2015). Fakultas Ekonomi. Universitas Riau.

Putri, Dithi Amanda. 2013. Pengaruh investment Opportunity Set, Kebijakan Utang Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Manajemen.Universitas Negri Padang.

Rohmah, Umi Arifatur. Dkk. 2018. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen Dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Hutang Dengan Free Cash Flow Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016). Fakultas Ekonomi. Universitas Pasundanaan Semarang.

Sandeep Goel. 2016. Investment opportunity and anticipatory smoothing in corporate enterprises in India

Santosa, Idham Nugraha, 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Arus Kas Bebas dan Total Asset Turn Over Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Stayningrum. Farida. 2018. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia .Pendidikan Akuntansi. Universitas PGRI Madiun.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sudana, I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suradi. 2017. Pengaruh Kebijakan Kas, Liquidity, Leverage dan Earning Per Share Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Manufactur Listed di Bursa Efek Indonesia

Susilo, Heri.dkk. 2018. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Free Cash Flow, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013-2016). Universitas Pandanaran Semarang.

Lubis, Tona Aurora , dkk. 2014 Analisis Pengaruh Rasio Keuangan dan Pertumbuhan Aset Terhadap Dividen Pershare Industri Whole Sale and Retail Trade

Winarno, Wing Wahyu. 2015. Analisa Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews. Yogyakarta: Penerbit UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Friza, R. J. . (2022). PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, LIKUIDITAS, DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP DIVIDEND POLICY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 741-754. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.17999