PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY, EFFORT EXPECTANCY, DAN FACILITATING CONDITION TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK JAMBI, DENGAN ACTUAL USAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI BANK JAMBI MOBILE)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.17956Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh performance expectancy, effort expectancy, dan facilitating conditions terhadap kinerja keuangan Bank Jambi, dengan penggunaan aktual (actual usage) aplikasi Bank Jambi Mobile sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 96 orang responden, yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data dari sampel menggunakan kuesioner untuk kemudian dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis partial least squares path modeling (PLS-SEM). Hasil analisis statistik membuktikan bahwa performance expectancy dan effort expectancy secara langsung berpengaruh signifikan terhadap actual usage, sedangkan facilitating conditions secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap actual usage. Hasil analisis lainnya juga membuktikan bahwa actual usage secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan Bank Jambi. Untuk efek mediasi dari variabel actual usage, terbukti bahwa actual usage dapat memediasi pengaruh tidak langsung antara performance expectancy, effort expectancy, dan facilitating conditions terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya manajemen perusahaan dan pengembang aplikasi dalam meningkatkan nilai tambah pada manfaat penggunaan aplikasi, menyediakan layanan bantuan atau support system yang dapat meningkatkan kemudahan nasabah (user) dalam bertransaksi, serta memberikan berbagai penawaran menarik agar terus meningkatkan aktivitas transaksi melalui layanan mobile payment pada aplikasi Bank Jambi Mobile
Downloads
References
Achjari, D., Abdillah, W., Suryaningsum, S., dan Suratman. (2011). Kesiapan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Industri Kreatif untuk Mengadopsi Teknologi Informasi. JAAI, 15 (2), 143-160
Boateng, K. & Nagaraju, Y. (2020). The impact of digital banking on the profitability of deposit money banks: Evidence from Ghana. International Journal of Research in Finance and Management 2020, 3 (1), 144-150
Boer, R., & Boer, T. D. (2010). Mobile Payments. Innopay
Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Acceptance of Information System Technology. MIS Quartery, 13 (3), 319-339
Davis, F. D., Bagozzi, R.P., & Marshaw, P.R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison. Management Science, 982-1003
Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan, Bandung: Alfabeta
Ghozali, I dan Latan, H. (2015). Partial Least Squares (Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gupta, A., & Arora, N. (2017). Understanding Determinants and Barriers of Mobile Shopping Adoption Using Behavioral Reasoning Theory. Journal of Retailing and Consumer Services, 36, 1–7
Istiarni, P. R. D., dan Hadiprajitno, P. B. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). Diponegoro Journal of Accounting, 3 (2), 888-897
Junadi and Sfenrianto. (2015). A Model of Factors Influencing Consumer’s Intention to Use E-payment System in Indonesia. Procedia Computer Science, 59, 214–220
Kim, Changsu,. et, al. (2010). An Empirical Examination of Factors Influencing the Intention to Use Mobile Payment. Computer in Human Behavior, 26, 310-322
Laihad, R. C. Y. (2013). Pengaruh Perilaku Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filing Wajib Pajak di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3)
Mahendra, Y. A. S., Winarno, W. W., & Santosa, P. I. (2017). Pengaruh Perceived Security terhadap Pengadopsian In-App Purchase pada Aplikasi Mobile. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6 (2), 184–193
Mardhiyah, N.S., Rusydi, M., dan Azwari, P.C. (2020). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Mahasiswa di Kota Palembang. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 10 (2), 173-180
Margaretha, F. (2015). Dampak Electronic Banking terhadap Kinerja Perbankan Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 19 (3), 514-524
Mawarni, R., Fasa’, M.I., dan Suharto. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion Pada Masa Covid-19. AL-IQTISHOD: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 9 (2), 39-54
Pertawijaya, I. (2015). Analisis Komparatif Mobile Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Telkom T-Money dan Mandiri E-Cash. Jurnal Universitas Telkom, 2 (2)
Prasastika, K., Winarno, W.A., dan Kartika. (2015). Pengujian Teori Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Memprediksi Penerimaan Sistem Pendaftaran Online BPJS Kesehatan Cabang Jember. Artikel Penelitian. Fakultas Ekonomi, Universitas Jember (UNEJ)
Saintz, J. (2017). Analisa Pengaruh Initial Trust terhadap Actual Usage melalui Behavioral Intention dalam Aplikasi Digital. Jurnal Strategi Pemasaran, 6 (1)
Sari, M. P. (2015). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Actual System Usage (Efisiensi Pengisian SPT) menurut Persepsi Wajib Pajak (Survey terhadap Pengusaha Kena Pajak pada KPP Pratama Bandung Cibeunying). E-proceeding of Management, 2 (3)
Sinambela, E. dan Rohani. (2017). Pengaruh Penyediaan Layanan Internet Banking Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Forum Keuangan Dan Bisnis Indonesia (FKBI), 6, 87-94
Subagio, H., & Saputra, R. (2012). Pengaruh Perceived Service Quality, Perceived Value, Satisfaction Dan Image Terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus Garuda Indonesia). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7 (1), 42–51
Sugiono. (2009). Manajemen Keuangan untuk Praktisi Keuangan. Jakarta: Grasindo
Suwandi, M. A., & Azis, E. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E-Money Pada Generasi Millenials (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 IPB). E-Proceeding of Management, 5 (3), 3104–3111
Untoro, R. Aria Trenggana, dan Komala Dewi. (2013). Pemetaan Produk dan Risiko Pembayaran Bergerak (Mobile Payment) dalam Sistem Pembayaran di Indonesia. Working Paper, Bank Indonesia
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly: Management Information Systems, 27 (3), 425–478.
Venkatesh, V., Thong, J. Y., dan Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quaterly, 36 (1), 157-178.
Wida, Putu Ayu Mira Witriyani, Yasa, Ni Nyoman Kerti, & Sukaatmadja, I Putu Gede. (2016). Aplikasi Model TAM (Technology Acceptance Model) pada Perilaku Pengguna Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati, 6 (2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firdaus Bayumi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.