ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL MESIN PENGADUK DODOL MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICING

Authors

  • Daumi Rahmatika Stiteknas
  • Agus Topo Subekti Stiteknas
  • Ikhsan Juliansyah Stiteknas

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.17300

Abstract

Abstrak

Peningkatan daya saing tidak cukup hanya sekedar menerapkan strategi yang tepat. Perusahaan perlu melakukan Benchmarking atau perbandingan dengan perusahaan lain yang mereka anggap sebagai pesaing terberat. Salah satu metode penetapan harga pokok penjualan, dimana seluruh biaya atau total biaya penuh ditambah dengan persentase laba yang diharapkan oleh perusahaan disebut metode Cost Plus Pricing. Permasalahan yang dihadapi dalam penentuan harga jual produk ialah jika harga jual yang terlalu tinggi akan menurunkan daya beli konsumen, sebaliknya harga jual yang rendah dapat mempengaruhi laba yang akan diterima. Biaya produksi yang tidak terkendali akan menyebabkan harga pokok terlalu tinggi, yang selanjutnya akan menurunkan daya saing produk dan akhirnya dapat menurunkan laba. Karena itu, dibutuhkan strategi dalam efesiensi biaya produksi dan penetapan harga yang tepat. Perhitungan harga pokok produksi sangat berperan dalam penentuan harga jual. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini dipilih karena bertujuan untuk mengetahui harga pokok produksi menggunakan full costing, sedangkan harga jual menggunakan metode Cost Plus Pricing, dan untuk mengetahui laba yang akan di peroleh dengan menambahkan margin 20% dari harga pokok produksi. Dari hasil analisis data, hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing ialah sebesar Rp 8.078.500, laba yang diperoleh setelah menambahkan margin sebesar 20 % dari harga pokok produksi ialah sebesar Rp 1.615.700. Sedangkan perhitungan harga jual menggunakan metode cost plus pricing ialah sebesar Rp. 9.694.200.

Kata kunci : Cost Plus Pricing, Full Costing, Harga Jual, Laba, Mesin Pengaduk Dodol

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Pergiawan, 2015, Penghitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual (Studi Kasus UKM Rengginang Sari Ikan di Sumenep). Jurnal Universitas Negeri Maulan Malik Ibrahim.

Batubara, Helmina, 2013 Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Pada Pembuatan Etalase Kaca Dan Alumunium Dd. Istana Alumunium Manado, Jurnal Emba, Manado, Fakultas Ekonomi Jurusan Kuntansi, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Dunia, Firdaus Ahmad dan Wasilah Abdullah. 2011, Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Fitrah, Rezanda dan Endang Dwi Retnani, 2014, Penentuan Harga Jual Menggunakan Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Variable Costingâ€. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi.

Hansen. 2013. Akuntansi Manajerial. Jakarta. Salemba Empat.

Harahap, Sofian Safri. 2010. Analisis Kritis Laporan Keuangan. Rajawali Persada, Jakarta.

Husnia, Azizah Himmatul, Topowijono dan Dwiatmanto. 2014. Analisis Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus Berdasarkan Metode Variable Costing (Studi pada Perusahaan Mebel Anggun Citra Jati Mas, Bojonegoro. Jurnal Administrasi Bisnis.

Gunawan, 2016, analisis perhitungan HPP menentukan penjualan yang terbaik untuk UKM, medan, jurnal teknovasi, program studi teknik computer, politeknik LP3I Medan.

Lasena, Sitti Rahmi. 2013, Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi pada PT. Dimembe Nyiur Agripro. Jurnal EMBA.

Majid, Jamaluddin, 2013, Memahami Akuntansi Manajemen, Makassar, Alauddin University Press.

Muchlis, Saiful, 2013 Akuntansi Biaya Kontemporer, Makassar, Alauddin University Press.

Mulyadi, 2001, Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat Dan Rekayasa, Edisi Kedua, Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Munawir. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty, Yogyakarta.

Purnama, Dian 2017, Perhitungan harga Pokok Produksi Dalam Menentukan HargaJual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing, Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis , UIN Alaudin Makasar.

Rahmatika, Daumi,2016, Analisis penerapan penghitungan Harga Pokok Produksi folding gate Berdasarkan Job Order Costing pada bengkel las Mubaraq stell, jambi, Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STITEKNAS) Jambi.

Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sarwono, Jonathan, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Edisipertama, Yogyakarta, Penerbit Graha Ilmu.

Supriyono. 1999. Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Yogyakarta, BPFE.

William, Carter. 2009. Akuntansi Biaya Cost Acounting. Salemba Empat. Jakarta. Utomo, Triogo.2014. Penetapan Harga Pokok Penjualan Berdasarkan Alokasi Biaya

Terhadap Posisi Rumah Pada Perumahan Green Park Residence Sampan, Surabaya, Jurnal Tekhnik Sipil, Fakultas Tekhnik Sipil & Perencanaan. Institut Tekhnologi Sepuluh November (ITS).

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Rahmatika, D., Subekti, A. T. ., & Juliansyah, I. . (2022). ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL MESIN PENGADUK DODOL MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICING. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 157-170. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.17300