PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK BCA JAMBI DENGAN KEBAHAGIAAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Sarimuda Sarimuda Bank BCA Tbk Cabang Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.17272

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian untuk mengetahui (1) Pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah (2) Pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap Kebahagiaan nasabah (3) Kebahagiaan nasabah berpengaruh terhadap Loyalitas nasabah (4) Kualitas layanan mobile banking berpengaruh terhadap Loyalitas nasabah melalui kebahagiaan nasabah. Penelitian ini  merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan mengolah data primer dengan metode pengambilan data melalui kuisoner yang diberikan kepada nasabah Bank BCA KCU Jambi. Sampel diperoleh sebanyak 105 responden, dimana data dari sampel dikumpulkan menggunakan wawancara dan kuesioner untuk kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan teknik path analysis. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan SPPS Versi 20. Hasil analisis statistik membuktikan bahwa secara parsial kualitas layanan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Untuk pengaruh secara simultan, kualitas layanan mobile banking melalui kebahagiaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya perusahaan dalam hal ini Bank BCA Jambi untuk mengembangkan layanan mobile banking, agar nasabah bahagia dan puas sehingga dapat lebih loyal kepada perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwin , Steven Dan Yohanes, Sondang, Kunto 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Varieabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia – Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol 2, No.1 2014.

Dewi, Rosa, Indah,Clarke (2009), Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.2, November 2016

Diener, E. dkk. (1997), "Temuan Terbaru tentang Kesejahteraan Subjektif," Jurnal India Psikologi Klinis, Vol. 24, No. 1, hlm. 25-41.

Fajriah,L.(2016) OJK, BI dan kemenkeu siapkan aturan soal sistem fintech. Dalam http://ekbis.sindonews.com. Sindonews.2016. Diakses 6 April 2018.

Fayruzrahma.(2017) Ragam Layanan Perbankan Digital di Indonesia. Dalam https://fayruzrahma.wordpress.com/2017/03/07/ragam-layanan-perbankan-digital-di-indonesia/ .2017. Diakses 10 Oktober 2019.

Frank, B., Enkawa, T. (2009), "Apakah Pertumbuhan Ekonomi Meningkatkan Kepuasan Hidup?"Jurnal Internasional Sosiologi dan Kebijakan Sosial†, Vol. 29, No. 7/8, hlm. 313-329.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan. Jakarta: Erlangga,hlm.113

Kotler, Philip dan Kevin Lone Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. (1 th 4 edition) Prentice Hall.Upper Sadle Rive. New Jersey.

Lovelock, Christopher H dan Wright, Lauren K. 2005. Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta: Indeks

Ojk, panduan penyelenggaraan digital branch.hal 5

Pinontoan, Wulan. 2013. Pengaruh E- Banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi Dan Keparcayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Mandiri Kc. Manado. Jurnal EMBA, Vol.1, No.1, April 2012, Hal.33-41.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemprosesan Transaksi Pembayaran

Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknology.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam-Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital Di Sektor Jasa Keuangan.

Saufani,Ahmad. (2017) Merangkul Talenta IT untuk Masa Depan Digital Banking. Dalam https://dailysocial.id/post/merangkul-talenta-it-untuk-masa-depan-digital-banking. 2017. Diakses 10 Oktober 2019.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyuthi,Masyifa. 2012. Analisis Pengaruh Custumer Reletionship Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Sulselbar Di Makasar. Skripsi. Universitas Hasanudin.

Yaqin, Ainul. lIfitriah, Aniek Maschudah. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasbah Bank Pengguna Internet Banking Di Surabaya. Journal Of Business And Banking. Vol.4. No.2. Hal.245-260.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Sarimuda, S. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK BCA JAMBI DENGAN KEBAHAGIAAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 132-146. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.17272