PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019)

Authors

  • Risal Rinofah Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Ratih Kusumawardani Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Prahadhita Nerissa Putri Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.17086

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan Tobin’s Q. Corporate social responsibility dan profitabilitas sebagai variabel independen dan profitabilitas sebagai variabel moderating.

Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 sebanyak 29 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan untuk pengujian hipotesis dengan metode regresi berganda dan Moderating Regression Analysis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan profitabilitas sebagai variabel moderating mampu memperkuat hubungan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fangestu, Frendy et al, . (2020). Perusahaan yang baik (GCG) dan Tanggungjawab Perusahaan Pertambangan Yang Ada Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2014-2018. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 4(3), pp. 777–793.

Fauziah, Izza Noor and Sudiyanto, B. (2020). Pengaruh Profitabilitas Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018). Jurnal Akutansi, Keuangan, dan Perbankan. 9(2). pp. 107–118.

Hardiana, A. T., Amah, W. and LanggengNik, A. (2019). Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi AKUNESA. 7(1). pp. 221–233.

Leptasari, G. E. and Retnani, E. D. (2018). Pengaruh Kebijakan Deviden, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Ningtyas, A. R. and T. (2017). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Ogachi, D. and Zoltan, Z. (2020). Corporate social responsibility and firm value protection. International Journal of Financial Studies. 8(4). pp. 1–22. doi: 10.3390/ijfs8040072.

Rahmawati, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ganec Swara. 15(1). p. 813. doi: 10.35327/gara.v15i1.179.

Rio, P. P., Husnatarina, F. and Oktavia, R. (2020. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Volume Perdagangan Saham, Volatilitas Return Saham, Dan Dividend Yield Terhadap BID-ASK Spread. JPMB (Jurnal Pasar Modal dan Bisnis). 2(1). pp. 29–44. doi : https://doi.org/10.37194/jpmb.v2i1.38

Rochmah, S. Ainur and Fitria, A. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan, Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6.

Saputra, W. S. (2018) ‘Pengaruh Corporate Governance, Corporate Social Responsibility Dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan’, National Conference of Creative Industry, (September), pp. 5–6. doi: 10.30813/ncci.v0i0.1313.

Setyabudi, T. (2021). The Effect of Institutional Ownership, Leverage, and Profitability on Firm Value with Dividend Policy as an Intervening Variable. Journal of Business and Management Review, 2(7), pp. 457–469. doi: 10.47153/jbmr27.1632021.

Setyani, A. Y. (2018). Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 14(1), p. 15. doi: 10.21460/jrak.2018.141.295.

Shim, J. et al. (2021). The impact of csr on corporate value of restaurant businesses using triple bottom line theory. Sustainability (Switzerland). 13(4), pp. 1–14. doi: 10.3390/su13042131.

Suryati, Alfosia Klofida, et al. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empirirs Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2016). Forum Manajemen. 17, pp. 111–121.

Wahyuni, S. F. (2018). Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 1(1), pp. 109–117. doi: 10.37476/akmen.v17i4.1188.

Yanti, NLE Karisma, et al. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kepemilikan institusional, leverage , dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Kharisma. 3(1). pp. 42–51.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Rinofah, R. ., Kusumawardani, R. ., & Putri, P. N. . (2023). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(01), 40-52. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.17086