PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN INFORMATION QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE DI KOTA JAMBI)

Authors

  • Wulanda Jayunty Pratiwi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.16925

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality dan information quality terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan, serta untuk menganalisis keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee.co.id di Kota Jambi. Ukuran sampel dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Hair dkk (2017) yang merekomendasikan jumlah sampel minimal adalah 4 kali dari jumlah item pertanyaan yang terdapat dikuesioner, sehingga jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 132 responden. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Namun sebelum analisis, terlebih dahulu dilakukan uji outer model melalui uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya melakukan uji Inner Model melalui uji R-Square (Coefficient of determination), dan F-Square (f2 effect size). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service Quality dan Information Quality memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, kemudian E-Service Quality, Information Quality dan keputusan pembelian memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada online shop shopee di Kota Jambi. Hal ini menjelaskan bahwasanya jika shopee mampu E-Service Quality dan Information Quality yang baik pada aplikasinya, maka akan dapat meningkatkan keputusan konsumen untuk berbelanja pada Shopee.co.id. Kemudian selanjutnya apabila barang yang dibeli tersebut sesuai dengan harapan konsumen, serta memenuhi hasrat konsumen maka akan berdampak pada suatu tingkat kepuasan bagi konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aimsyah, Z. (2013). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Anggraeni, P., dan Madiawati, P.N. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs www.Traveloka.com. E-Proceeding of Management, Vol. 3, No. 2.

Ayuningtyas, K., dan Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Busiess Administration, Vol. 2, No. 1.

Chase, R. B., Jacobs, F. R., dan Aquilano, N. J. (2006). Operations Management For competitive advantage, 9th ed. New York : McGraw-Hill

Busra, W., & Dahmiri, D. (2022). Pengaruh Brand Equity Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi Pada Retail Pt Campina Ice Cream Industry Tbk-JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 11(2), 464-476.

Firdasuya, C.P., & Oktini, D. (2019). Pengaruh E-Service Quality Tehadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Go-Jek di Bandung). Prosiding Manajemen, Vol. 5, No. 1.

Hair, J.F., Tomas, G.M.H., Ringle, Christian M., dan Marko Sarstedt. (2017). Primer Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Los Angeles: SAGE Publication.Ltd.

Hatta, H. (2016). Keputusan Pembelian: Pengaruh Kualitas Informasi dan Komunitas Virtual Samsung Galaxy Tab di E-Commerce. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 21 No.1

Ho, C.I. & Lee, Y.L. (2007). The development of an e-travel service quality scale. Tourism Management, 28 (6).

Ismayanti, N.W.N., Suardana, I.W., & Negara, I.M.K. (2015). Pengaruh Kepercayaan dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Akomodasi di Bali Pada Situs Booking.com. Jurnal IPTA, Vol. 3, No. 1.

Jonathan, H. (2013). Analisis Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction yang Berdampak pada Customer Loyalty PT Bayu Buana Travel Tbk. Journal The Winners, Vol. 14, No. 2.

Kotler, P. (2010). Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P & Keller, K.L. (2012). Manajemen pemasaran, Edisi 12, Jilid 1 &2, Terjemahan Benyamen Molan. Jakarta: PT.Indah.

Lovelock.C dan Wright, Lauren K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro, Cetakan Kedua, Jakarta; PT. INDEKS.

Mahmudah, I.S dan Tiarawati, M. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 1, No. 1.

McLeod, R., dan Schell. (2007). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Indeks.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Malhotra, A. (2005).E-S-Qual: A Multiple-Item Scale For Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, Vol. 7 No. 3, pp. 213-233.

Park, C.H., dan Kim Y.G. (2003). A Frameworkof dynamic CRM: Linking Marketing With Information Strategy. Business Process Management Journal, 9 (5).652-671 (20).

Prasetyo, H.D., & Purbawati, D. (2016). Pengaruh E-Service Quality dan E-Security Seals Terhadap E-Satisfaction Melalui Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 5, Nomor 2.

Santos, J. (2003). E-service quality: a model of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality, Vol. 13, No. 3.

Singarimbun, M dan Effendi, S. (2012). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3AES.

Wardoyo, dan Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. DAYA SAING Jurnal. Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 19, No. 1.

Zeithaml, V.A., & Bitner, M.J. (1996). Service Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm, McGraw-Hill

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Pratiwi, W. J. . (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN INFORMATION QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE DI KOTA JAMBI). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(01), 103-114. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.16925