ANALISIS KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MINAT BERKUNJUNG: CITRA DESTINASI DAN AKSESIBILITAS PADA GEOPARK MERANGIN JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to analyze the effect of destination image and accessibility on tourist visiting decisions, either directly or indirectly through interest in visiting the Merangin Jambi Geopark. The target population in this study were tourists who visited the Geopark Merangin Jambi tourist attraction with a total of 180 respondents. The approach in this study uses a quantitative approach with survey methods and uses Partial Least Square (PLS) data analysis. The results show that the image of the destination and accessibility has an influence on tourist decisions, either directly or indirectly through visiting interest. This explains that if the Merangin Geopark manager wants to improve tourist visiting decisions, it can be done by maintaining a better image of the Merangin Geopark destination, as well as paying attention and improving existing access to the Merangin Geopark, so that this will generate tourist interest to visit the Merangin Geopark.
Keywords: Destination Image, Accessibility, Visiting Interest, and Visiting Decision.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra destinasi dan aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui minat berkunjung pada Geopark Merangin Jambi. Populasi target dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung pada objek wisata Geopark Merangin Jambi dengan jumlah 180 responden. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi dan aksesibilitas memiliki pengaruh terhadap keputusan wisatawan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui minat berkunjung. Hal ini menjelaskan bahwasanya jika pengelola Geopark Merangin ingin meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan, maka dapat dilakukan dengan menjaga citra destinasi Geopark Merangin dengan lebih baik, serta memperhatikan dan membenahi akses yang ada untuk menuju Geopark Merangin, sehingga hal ini akan menimbulkan minat wisatawan untuk berkunjung pada Geopark Merangin
Downloads
References
Ajzen, I., & Fisbhein, M. (2005). Attitudes, Personality and Behavior. New York: Open University Press.
Alamsyah, P., Iranita., dan Kusasi, F. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, Aksesibilitas, dan Motivasi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Ke Wisata Bahari Desa Benan.
Asnawati, D. (2017). Pengaruh Citra Destinasi dan Wisata Budaya Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Singkawan (Studi Kasus Pada Cap Go Meh). Jurnal Manajemen Update, Vol. 6, No. 4.
Aulia, A.R dan Yulianti, A.L. (2019). Pengaruh City Branding “A Land of Harmony†Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), vol. 3, No. 3.
Beerli, A. & MartÃn, J. (2004). Tourists’ Characteristics and the Perceived Image of Tourist Destinations: A Quantitative Analysis – A Case Study of Lanzarote. Spain. Tourism.
Croy, G. (2014). Tourism, Image and The Media, Teaching The Relationship. URL: http://www.buseco.monash.edu.au/units/tru/staff/croy.
Damarsiwi, E. P. M., & Wagini. (2018). Pengaruh Electronic Worth of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Pulau Tikus. Seminar Nasional Royal (SENAR), 9986(September 2018), 479–484.
Fatimah, S. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. Majalah Ilmiah Bahari Jogja (MIJB), Vol. 17, No. 2.
Hair, J.F., Tomas, G.M.H., Ringle, Christian M., dan Marko Sarstedt. (2017). Primer Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Los Angeles: SAGE Publication.Ltd.
Huda, M.K., Rachma, N., dan Hufron, M. (2018), Pengaruh Citra Destinasi, Produk Wisata dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung ke Wisata Coban Jahe. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen.
Huryati, R. (2015). An Analysis of Place Branding to Enchance The Image of Brandung City and Its Implication Toward The Decisions To Visit Tourism Destination. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Kemanusiaan, Vol. 8 (1).
Kinnear, T. C, dan Taylor, J. R. (2003). Riset Pemasaran, (Terjemahan oleh Thamrin). Edisi Tiga. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, P & Armstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga
Ma'rifatun, S. (2018). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengunjung Pantai Suwuk). Jurnal Manajemen Pemasaran.
Marpaung, H dan Sahla, G. ( 2017). Pengaruh Daya Tarik dan Aksesibilitas Terhadap Minar Berkunjung Wisatawan ke Air Terjun Ponot di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Prosiding Seminar nasional Multidisiplin Ilmu UNA.
Mohaidin, Z., Wei, K. tze, & Murshid, M. (2017). Factors influencing the tourists’ intention to select sustainable tourism destination: a case study of Penang, Malaysia. International Journal of Tourism Cities.
Nurhadi, S. (2010). Nilai Permintaan Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Dengan Pendekatan Biaya Perjalanan. Skripsi Pada Universitas Indonesia Depok.
Octavia, A., dan Sriayudha, Y. (2018). The Decision Of Visiting And Tourists Behaviour After Visiting Tanggo Rajo Tourism Place In Jambi City. Journal of Business Studies and Management Review (JBSMR) Vol.1 No.2.
Qu, H., et al. (2011). A Model of Destination Branding: Intergrating the Concept of the branding and destinaton image. Journal homepage: www.elsevier.com/locate.tourman
Ruray, T.A., dan Prataa, R. (2020). Pengaruh Daya Tarik dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan. KAWASA, Volume XI, Nomor 2.
Safitri, I., Ramdan, A.M., dan Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Julnal Ilmu Manajemen, Volume 8, Nomor 3.
Sciffman, L dan Kanuk, L.L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ketuju. Jakarta: PT. Indeks.
Setyaningsih, S., & Murwatiningsih. (2017). Pengaruh Motivasi, Promosi Dan Citra Destinasi Pada Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Pengunjung. Management Analysis Journal, 6(2).
Soekadijo, R.G. (2003). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Suwantoro, G. (2000). Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tantriana, D., dan Widiartanto. (2018). Pengaruh Aksesibilitas, Experiential Marketing dan Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening.
Wibowo, Y. G., Zahar, W., Syarifuddin, H., Asyifah, S., & Ananda, R. (2019). Pengembangan Eco-Geotourism Geopark Merangin Jambi. Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 4(1), 23–43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Osrita Hapsara, Ahmadi Ahmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.