PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.14217Keywords:
Perilaku Konsumen, Keputusan Menginap, HotelAbstract
Kota Bukitinggi menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Dengan adanya daya tarik wisata, seperti wisata alam, kuliner dan sejarah dapat meningkatkan kunjungan ke Bukittinggi. Meningkatnya kunjungan berimbas pada meningkatnya kebutuhan sarana akomodasi, seperti hotel. Fenomena menarik dalam penelitian ini adalah hotel bintang empat yang berada di Bukittinggi selalu mengalami peningkatan occupancy (tingkat hunian) menuju akhir tahun. Walaupun harga kamar yang ditawarkan relatif tinggi dibandingkan dengan hotel lain yang berada di Buktitinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor perilaku konsumen terhadap keputusan menginap pada hotel bintang empat Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal yang mengetahui pengaruh masing-masing faktor perilaku konsumen terhadap keputusan menginap Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di hotel bintang empat Kota Bukittinggi, dengan jumlah sampel 125 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menganalisis pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen terhadap keputusan menginap tamu, baik secara bersama-sama (simultan) maupun pengaruh masing-masing faktor (parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor-faktor perilaku konsumen yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor Psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap. Faktor budaya tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan tinggal.
Kata kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Menginap, Hotel
Downloads
References
Ferdinand, Augusty. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro
Kotler, Philip. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Edisi 2. New York: Mc Graw Hill.
Lamb, Hair dan McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku 1. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta.
Putra, Trisna, Pasaribu, dan Nidia Wulansari. (2020). Pemasaran Wisata Berbasis Website di Nagari Wisata Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat., vol. 2, no. 1, pp. 18–27, 2020. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.34
Schiffman, Leon, L. Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. INDEKS.
Simamora, Bilson. (2001). Panduan Riset perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Suryabrata, Sumadi. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI: Yogyakarta.
Wulansari, Nidia dan Dwi Pratiwi Wulandari. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Oyorooms Kota Bukittinggi. Ensiklopedia of Journal, Vol. 3 No.2 Edisi 2 Januari 2021. https://doi.org/10.33559/eoj.v3i2.634
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nidia Wulansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.