PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP

Authors

  • Nidia Wulansari Universitas Negeri Padang
  • Youmil Abrian ) Prodi Manajemen Perhotelan, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang
  • Arif Adrian

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.14217

Keywords:

Perilaku Konsumen, Keputusan Menginap, Hotel

Abstract

Kota Bukitinggi menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Dengan adanya daya tarik wisata, seperti wisata alam, kuliner dan sejarah dapat meningkatkan kunjungan ke Bukittinggi. Meningkatnya kunjungan berimbas pada meningkatnya kebutuhan sarana akomodasi, seperti hotel. Fenomena menarik dalam penelitian ini adalah hotel bintang empat yang berada di Bukittinggi selalu mengalami peningkatan occupancy (tingkat hunian) menuju akhir tahun. Walaupun harga kamar yang ditawarkan relatif tinggi dibandingkan dengan hotel lain yang berada di Buktitinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor perilaku konsumen terhadap keputusan menginap pada hotel bintang empat Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal yang mengetahui pengaruh masing-masing faktor perilaku konsumen terhadap keputusan menginap Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di hotel bintang empat Kota Bukittinggi, dengan jumlah sampel 125 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menganalisis pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen terhadap keputusan menginap tamu, baik secara bersama-sama (simultan) maupun pengaruh masing-masing faktor (parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor-faktor perilaku konsumen yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor Psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap. Faktor budaya tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan tinggal.

Kata kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Menginap, Hotel

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ferdinand, Augusty. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro

Kotler, Philip. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Edisi 2. New York: Mc Graw Hill.

Lamb, Hair dan McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku 1. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Putra, Trisna, Pasaribu, dan Nidia Wulansari. (2020). Pemasaran Wisata Berbasis Website di Nagari Wisata Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat., vol. 2, no. 1, pp. 18–27, 2020. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.34

Schiffman, Leon, L. Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. INDEKS.

Simamora, Bilson. (2001). Panduan Riset perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Suryabrata, Sumadi. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI: Yogyakarta.

Wulansari, Nidia dan Dwi Pratiwi Wulandari. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Oyorooms Kota Bukittinggi. Ensiklopedia of Journal, Vol. 3 No.2 Edisi 2 Januari 2021. https://doi.org/10.33559/eoj.v3i2.634

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Wulansari, N., Abrian, Y., & Adrian, A. (2022). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(02), 171-182. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.14217