THE INFLUENCE OF PARENTS’ SOCIO-ECONOMIC STATUS ON THE LEVEL OF STUDENTS’ SELF-CONFIDENCE AT SMAN 6 JAMBI CITY

Isi Artikel Utama

Adela Yasica
Freddi Sarman

Abstrak

Pada masa remaja perkembangan psikis atau mental sangat berperan penting. Salah satunya adalah kepercayaan diri. Dukungan ekonomi orang tua menjadi salah satu faktor dapat terbentuknya kepercayaan diri siswa, dengan demikian status sosial ekonomi orang tua berhubungan erat dengan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat status sosial ekonomi orang tua, tingkat kepercayaan diri siswa, serta mengungkapkan pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap tingkat kepercayaan diri siswa SMAN 6 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 288 dengan menentukan jumlah sampel menggunakan metode slovin didapat sampel sebanyak 74 siswa. Jenis data primer merupakan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini. Jenis data primer dalam penelitian ini adalah data yang diambil langsung oleh siswa kelas X yang bersangkutan. Wawancara, dokumentasi, dan angket pada penelitian ini digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji persentase, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis persentase, diketahui bahwa kualitas status sosial ekonomi orang tua siswa berada dalam kategori sedang karena memiliki nilai total persentase sebesar 42,2%. Sedangkan kualitas kepercayaan diri siswa termasuk dalam kategori sedang dengan total persentase sebesar 42%. Di
buktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05 maka nilai regresi sederhana yaitu 0,379. Hal
tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat kepercayaan diri siswa di SMAN 6 Kota Jambi.


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yasica, A., & Sarman, F. (2024). THE INFLUENCE OF PARENTS’ SOCIO-ECONOMIC STATUS ON THE LEVEL OF STUDENTS’ SELF-CONFIDENCE AT SMAN 6 JAMBI CITY. Jurnal Kopendik, 3(2), 26-34. https://doi.org/10.22437/kopendik.v3i2.34545
Bagian
Articles

Referensi

Andriyani, P., Sutja, A., & Sarman, F. (2023) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya

Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Mts N 2 Kota Jambi. Innovative: Journal Of

Social Science Research

Bisri, M. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Dukungan Sosial

Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1. Menganti Gresik.

Jurnal BK UNESA, 03 Nomor 0, 170–176.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-teori psikologi / | Perpustakaan UIN

Sultan Syarif Kasim Riau. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detailopac?id=14250

Hakim, Thursan. (2005). Mengatasi rasa tidak percaya diri cet 1. Jakarta: Puspa Swara.

Hanewarman, J. (2019). Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Kepercayaan

Diri Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP

Negeri 7 Muaro Jambi.

Idris, Fitriani. (2016). Hubungan Self Confidence dengan Kesiapan Belajar Siswa di

SMA Idhata Kendari. Skripsi thesis, IAIN Kendari.

Santrock, Jhon W. (2007). Perkembangan Anak Ed ke-7 Jilid 2. Erlangga

Sari, A.I., Yanto, & Wahyuni, H (2023). Hubungan Self Efficacy dengan Prokrastinasi

Siswa di SMPN 5 Kota Jambi, Jurnal Pendidikan dan Konseling

Setiawan, Pongky. (2014). Siapa Takut Tampil Percaya Diri, Yogyakarta: Parasmu

Sutja, dkk (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Wahana

Revolusi.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama