THE INFLUENCE OF PARENTS’ SOCIO-ECONOMIC STATUS ON THE LEVEL OF STUDENTS’ SELF-CONFIDENCE AT SMAN 6 JAMBI CITY
Main Article Content
Abstract
Pada masa remaja perkembangan psikis atau mental sangat berperan penting. Salah satunya adalah kepercayaan diri. Dukungan ekonomi orang tua menjadi salah satu faktor dapat terbentuknya kepercayaan diri siswa, dengan demikian status sosial ekonomi orang tua berhubungan erat dengan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat status sosial ekonomi orang tua, tingkat kepercayaan diri siswa, serta mengungkapkan pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap tingkat kepercayaan diri siswa SMAN 6 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 288 dengan menentukan jumlah sampel menggunakan metode slovin didapat sampel sebanyak 74 siswa. Jenis data primer merupakan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini. Jenis data primer dalam penelitian ini adalah data yang diambil langsung oleh siswa kelas X yang bersangkutan. Wawancara, dokumentasi, dan angket pada penelitian ini digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji persentase, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis persentase, diketahui bahwa kualitas status sosial ekonomi orang tua siswa berada dalam kategori sedang karena memiliki nilai total persentase sebesar 42,2%. Sedangkan kualitas kepercayaan diri siswa termasuk dalam kategori sedang dengan total persentase sebesar 42%. Di
buktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05 maka nilai regresi sederhana yaitu 0,379. Hal
tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat kepercayaan diri siswa di SMAN 6 Kota Jambi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andriyani, P., Sutja, A., & Sarman, F. (2023) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya
Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Mts N 2 Kota Jambi. Innovative: Journal Of
Social Science Research
Bisri, M. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Dukungan Sosial
Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1. Menganti Gresik.
Jurnal BK UNESA, 03 Nomor 0, 170–176.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2016). Teori-teori psikologi / | Perpustakaan UIN
Sultan Syarif Kasim Riau. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detailopac?id=14250
Hakim, Thursan. (2005). Mengatasi rasa tidak percaya diri cet 1. Jakarta: Puspa Swara.
Hanewarman, J. (2019). Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Kepercayaan
Diri Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP
Negeri 7 Muaro Jambi.
Idris, Fitriani. (2016). Hubungan Self Confidence dengan Kesiapan Belajar Siswa di
SMA Idhata Kendari. Skripsi thesis, IAIN Kendari.
Santrock, Jhon W. (2007). Perkembangan Anak Ed ke-7 Jilid 2. Erlangga
Sari, A.I., Yanto, & Wahyuni, H (2023). Hubungan Self Efficacy dengan Prokrastinasi
Siswa di SMPN 5 Kota Jambi, Jurnal Pendidikan dan Konseling
Setiawan, Pongky. (2014). Siapa Takut Tampil Percaya Diri, Yogyakarta: Parasmu
Sutja, dkk (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Wahana
Revolusi.