GAMBARAN PARENTAL INVOLVEMENT ORANGTUA YANG MENJALANI WORK FROM HOME (WFH) DALAM PENDIDIKAN ANAK LATE CHILDHOOD SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
ABSTRACTBackground: Indonesia is currently being hit by a pandemic that raises policies Large-Scale Social Restrictions (PSBB). This policies makes office workers work from home (WFH), and students have to do school from home (SFH). The pandemic that gave rise to the SFH and WFH policies made both children and parents spend much time together at home and also made parents have more time to directly or indirectly supervise children's learning which will more or less affect children's academic performance due to the presence of parents at home.
Methods: This study aims to provide an overview of the parental involvement of parents who undergo work from home in the education of late childhood children during the Covid-19 pandemic. This research uses a qualitative method with a descriptive research type. The data collection method used for this research is to conduct semi-structured qualitative interviews. The research instrument used for this research is an interview guide compiled using the theory of Parental Involvement in children's education. The data analysis method used was to perform qualitative data analysis methods.
Results: The results of this study explain that all participants are fully involved in carrying out parental involvement in children's education as long as children carry out SFH. The form of parental involvement to their respective children also has the same goal but only has a different focus. Some limitations require that participants cannot carry out parental involvement functions in this study due to school rules that both parents and children must follow.
Keywords: parental involvement, work from home, working parents, covid-19
ABSTRAK
Pendahuluan: Indonesia saat ini sedang dilanda pandemi yang memunculkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini membuat para pekerja kantoran harus melakukan work from home (WFH) dan para pelajar harus melakukan school from home (SFH). Pandemi yang memunculkan kebijakan SFH dan WFH membuat baik anak maupun orangtua banyak menghabiskan waktu bersama dirumah dan kebijakan pandemi ini membuat orangtua jadi memiliki waktu yang lebih banyak untuk secara langsung maupun tidak langsung mengawasi anak belajar yang sedikit banyaknya akan berpengaruh pada performa akademik anak dikarenakan adanya orangtua dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai parental involvement orangtua yang menjalani work from home dalam pendidikan anak late childhood selama masa pandemi Covid-19.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara kualitatif yang bersifat semi-structured. Instrumen penelitian yang akan digunakan untuk penelitian ini adalah panduan wawancara yang disusun dengan menggunakan teori Parental Involvement pada pendidikan anak serta metode analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan metode analisis data kualitatif.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa seluruh partisipan terlibat penuh dalam melakukan parental involvement pada pendidikan anak selama anak menjalankan SFH. Bentuk dari parental involvement yang diberikan partisipan kepada anaknya masing- masing juga memiliki tujuan yang sama, namun hanya berbeda fokusnya saja. Terdapat keterbatasan yang mengharuskan partisipan tidak dapat menjalankan beberapa fungsi parental involvement dalam penelitian ini, dikarenakan adanya aturan sekolah yang harus diikuti oleh pihak orangtua maupun anak.
Kata kunci: parental involvement, work from home, orangtua bekerja, covid-19