HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN KESEHATAN MENTAL ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.17807Abstract
Latar belakang: Peran orang tua yang baik akan menghasilkan kesehatan mental anak yang optimal. Saat membimbing anak belajar pada masa pandemi COVID-19, orang tua seringkali menghadapi banyak kendala terutama karena keterbatasan waktu. Studi ini bertujuan untuk menganalisis hubungan peran orang tua dengan kesehatan mental anak dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19.
Metode: Desain penelitian potong lintang ini dilakukan melalui survei terhadap keluarga yang memiliki anak usia sekolah dasar di Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh. Sampel penelitian adalah orang tua (ayah atau ibu) sebanyak 93 orang yang dipilih menggunakan teknik multistage random sampling. Data dikumpulkan melalui metode wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Hasil studi diperoleh mayoritas tingkat kesehatan mental anak adalah kurang baik (50,5%), sedangan peran orang tua dalam membimbing anak belajar sebagian besar baik (53,8%). Terdapat hubungan signifikan antara peran orang tua dengan persepsi kesehatan mental anak (POR= 4,480; Cl 95%= 1,867-10,784).
Simpulan: Disarankan kepada orangtua untuk menyediakan lebih banyak waktu untuk memonitor proses belajar sekaligus membimbing belajar anak di rumah sebagai pengganti guru selama pandemi COVID-19.
Kata kunci: Kesehatan mental, anak, peran orangtua, pandemi COVID-19