ANALISIS PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PADA IBU HAMIL DAN MELAHIRKAN DINAS KESEHATAN REJANG LEBONG

Authors

  • Lisa Pitrianti Universitas Sriwijaya
  • Rizma Adlia Syakurah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.16813

Abstract

Latar belakang: Kesehatan Ibu dan Anak merupakan salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat, namun kasus kematian ibu di Kabupaten Rejang Lebong masih terjadi. Hal ini diduga karena pelaksanaan jaminan persalinan (Jampersal) kurang optimal.

Tujuan: Peneliti bertujuan untuk mengalanalisis pelaksanaan program pelayanan kesehatan pada ibu hamil dan melahirkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong dengan pendekatan manajemen proyek.

Method: Desain kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus diguanakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi terlibat dan telaah dokumen.

Hasil: Pada tahap inisiasi, masalah yang diidentifikasi adalah belum optimalnya pelaksanaan program jaminan persalinan (Jampersal) di Rejang Lebong dengan prioritas masalah berupa akses lokasi fasyankes rujukan Jampersal yang cukup jauh. Perencanaan kegiatan digambarkan dengan timeline/milestone jangka pendek, menengah, dan panjang dari Maret 2021–Desember 2022. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan disesuaikan dengan masing-masing milestone.

Simpulan: Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen pengembangan program pelayanan kesehatan pada ibu hamil dan melahirkan yang dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Rejang Lebong menghasilkan program Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) yang dinilai tepat sebagai solusi dari prioritas masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya, yaitu permasalahan akses lokasi fasyankes rujukan Jampersal yang dirasakan cukup jauh.

Kata kunci: Ibu Hamil, Jampersal, Layanan Kesehatan, Rumah Tunggu Kelahiran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lisa Pitrianti, Universitas Sriwijaya

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat

Rizma Adlia Syakurah, Universitas Sriwijaya

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Pitrianti, L., & Syakurah, R. A. . (2022). ANALISIS PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PADA IBU HAMIL DAN MELAHIRKAN DINAS KESEHATAN REJANG LEBONG. Jambi Medical Journal : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 10(1), 81-100. https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.16813