Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Etika Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Wardatul Fithri Universitas Jambi
  • Martina Grace Simamora Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.22861

Keywords:

dampak, tik tok, etika, konten

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, yang ikut berkembang sesuai zaman diantaaranya media sosial. Tiktok merupakan salah satu fitur yan terdapat di gadget yang banyak digunakan pada saat sekarang ini, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Hal ini disebabkan aplikasinya yang mudah diakses dan menyajikan konten-konten yang menarik sehingga membuat individu menjadi kecanduan dalam menggunakannya. Karena banyaknya konten tersebut, ditakutkan mereka mengakses video negative yang berdampak tidak baik pada etika siswa Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh data tersebut. Adapun yang menjadi instrumen pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan 3 cara yaitu dengan mewawancarai 1 orang guru, 5 orang siswa serta 2 orang wali murid. Dan penulis juga melakukan observasi ke sekolah dekat terdekat, yang menjadi observernya adalah siswa Sekolah Dasar tersebut. Berdasarkan hasil observasi penulis terlihat bahwa yang mencerminkan etika yang baik dari seorang siswa ialah cara anak berperilaku dan berbicara. Namun,pada saat sekarang ini siswa sekolah dasar sering bermain aplikasi tiktok yang juga memberika dampak negative terhadap siswa. Dengan keasyikan mengakses aplikasi tiktok,membuat siswa lupa dengan waktu. Mereka seharian mengakses apklikasi ini, membuat mereka lalai akan kewajibannya seperti beribadah dan lupa waktu untuk belajar. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Fithri, W., & Simamora, M. G. . (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Etika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.22861

Issue

Section

Articles