https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/issue/feed Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar 2025-01-20T13:33:59+07:00 Muhammad Sofwan sofwanpgsd@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Title:</strong> Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar<br /><strong>ISSN:</strong> E-ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2962-8075">2962-8075</a><br /><strong>Subject:</strong> Primary Education <a href="https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/FocusandScope">etc</a><br /><strong>Frequency Publish:</strong> Regularly three times a year in April, August and December.<br /><strong>Journal Abbreviation: </strong>Jurnal. Tonggak. Pendidikan Dasar Kajian Teori Hasil Pendidikan Dasar<br /><strong>Language:</strong> English and Indonesia<br /><strong>Indexed at: </strong><a title="Sinta 5" href="https://drive.google.com/file/d/1UPvoqMj1YTiUGaJZh0sPPtXANdWyRAif/view?usp=sharing">Sinta 5</a><strong>, </strong><a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&amp;lookfor=Journal+Tonggak+Pendidikan+Dasar&amp;ling=1&amp;oaboost=1&amp;name=&amp;thes=&amp;refid=dcresen&amp;newsearch=1">BASE</a>, <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&amp;search_text=Journal%20Tonggak%20Pendidikan%20Dasar&amp;search_type=kws&amp;search_field=full_search">Dimension</a>, <a href="https://search.crossref.org/search/works?q=Journal+Tonggak+Pendidikan+Dasar&amp;from_ui=yes">DOI Crossref</a>, <a href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;view_op=list_works&amp;gmla=AJ1KiT2PUsToLdqHiwBTkxjnPfbxwpc8EzX5y_ANs9s44ZxBMYJorxDakbCLeZqOsnk7_EPEjLy8XGwIYE9aCCvQyy9vgRf6i0R7Ycd7M3j0HElIOKEKPoYNRQ&amp;user=VBk6oXYAAAAJ">Google Scholar</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/33421">Garuda</a>, and <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2962-8075">ROAD</a></p> <p style="text-align: justify;">Journal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar is published by the Primary School Teacher Education Study Program (PGSD) Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Jambi. This journal publishes the results of research on primary education with various study topics (science, social, mathematics, citizenship, language, arts, culture, religion, sports, technology, environment, teaching and learning, learning tools, learning media, learning models, learning approaches, learning methods, and/or learning strategies, learning evaluation, learning psychology, and/or pedagogy). The authenticity of the contents of the manuscript in each article is the responsibility of each author.</p> <p style="text-align: justify;">Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar is published twice a year (July and December)</p> https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/38693 Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN 64/IV Kota Jambi sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia 2024-12-24T10:08:57+07:00 Zahra Ade Wahyuni zahraadewahyuni@gmail.com Tiara Putri Utami zahraadewahyuni@gmail.com Putri Indriyani zahraadewahyuni@gmail.co Uli Nabela zahraadewahyuni@gmail.com Yusuf Eka Saputra zahraadewahyuni@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD N 64/IV Kota Jambi sebagai fondasi pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memaparkan data hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara dan observasi dengan informan yaitu guru kelas IV. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SD N 64/IV Kota Jambi sebagai fondasi pendidikan Indonesia menggunakan berbasis proyek melalui tema kearifan lokal yang diimplementasikan dalam bentuk tarian kreasi daerah jambi. Ada empat tahapan yang dilakukan diantaranya tahap pengenalan, tahap kontekstualisasi, tahap aksi, serta tahap refleksi dan tindak lanjut. Namun dalam kegiatan implementasi ini tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambatnya.</p> 2025-02-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 ZAHRA ADE WAHYUNI, Tiara Putri Utami, Putri Indriyani, Uli Nabela, Yusuf Eka Saputra https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/38780 Pengembangan Instrumen Literasi Membaca Pemahaman Terintegrasi Project Based Learning 2024-12-01T07:04:50+07:00 Ahmad Syarif ahmad.syarif@unja.ac.id Maryono Maryono maryono@unja.ac.id Hendra Budiono hendra.budiono@unja.ac.id <p>Instrumen literasi membaca pemahaman adalah penilaian untuk mengukur aspek-aspek yang dimiliki peserta didik dalam memahami teks. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes dan nontes literasi membaca pemahaman terintegrasi model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia di SD. Penelitian ini menggunakan metode R&amp;D (<em>Research and Development</em>) dengan tahapan&nbsp; dari S Thiagarajan, dkk yang terdiri dari&nbsp; 4 tahapan, yaitu <em>Define</em> (Pendefinisian), <em>Design</em> (perancangan), <em>Develop</em> (Pengembangan), dan <em>Disseminate</em> (Penyebaran). Konstruksi instrument literasi membaca pemahaman diawali dari telaah teori literasi membaca pemahaman, kisi-kisi, rubrik, dan instrument.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi literasi membaca pemahaman peserta didik adalah 84 dimana indicator paling sulit adalah 50% menentukan makna kalimat bukan dari teks, kategori sesdang, yaitu 70% dalam menjawab indicator menentukan Kesimpulan suatu bacaan, dan kategori rendah sekitar 85% dalam menjawab indicator tanggapan logis. sedangkan hasil uji kelayakan oleh ahli Bahasa sebesar 92,85% berada pada kategori sangat valid dan uji kelayakan dari ketepatan materi sebesar 93,75% berada pada kategori sangat valid.</p> 2024-12-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ahmad Syarif, Maryono Maryono, Hendra Budiono https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/39982 Peningkatan Semangat Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Media Papan Pintar Pancasila Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar 2025-01-20T13:33:59+07:00 Mansur A masurmansur112@gmail.com Eka Pasirah masurmansur112@gmail.com Erika Dwi Nadya masurmansur112@gmail.com <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar pendidikan Pancasila melalui penggunaan media papan pintar pancasila pada siswa kelas 1 SDN No.14/VII Temenggung I Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun tahun pelajaran 2024/2025. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (<em>planning</em>), pelaksanaan tindakan (<em>acting</em>), pengamatan (<em>observing</em>) dan refleksi (<em>reflecting</em>). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa saat proses pembelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (<em>student centered</em>) hal ini terlihat dari ketertarikan siswa pada kondisi awal 35,00 % menjadi 60,00% pada siklus I meningkkat 25,00% dan menjadi 75,00% pada siklus II meningkat 15,00%. Pada indikator partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I 65,65% menjadi 91,30 % pada siklus II meningkat 25,65%, dari pengamatan <em>performance </em>siswa dalam membaca nyaring pada siklus I 60,00% menjadi 90,00% pada siklus II meningkat 30,00% dan dari hasil kuisioner siswa 72,50% pada siklus I menjadi 92,50% pada siklus II meningkat 20,00%. Kemampuan guru dalam menerapkan penggunaan media papan pintar pancasila pada kondisi awal mencapai 1,9 dalam kriteria cukup baik menjadi 3,24 dalam kriteria sangat baik pada siklus I meningkat 1,34 poin dan menjadi 3,9 dalam kriteria sangat baik pada siklus II meningkat 0,66 poin. Hasil belajar siswa pada tes akhir presentasi siswa tuntas belajar pada kondisi awal 35,00% mejadi 60,00% pada siklus I meningkat 25,00% dan menjadi 95,00% dan pada siklus II meningkat 35,00%, nilai rata-rata kelas dari kondisi awal 57,50 menjadi 70,00 pada siklus I meningkat 12,50 poin dan menjadi 81,75 pada siklus II meningkat 11,75 poin.</p> 2024-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Mansur A, Eka Pasirah, Erika Dwi Nadya https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/40079 Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Scanning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 2024-12-23T18:09:12+07:00 riyah mahmudahh ra.zulfaidahzulfa@gmail.com Roza Aprianto Sholehmuhammad676@gmail.com Leni Dwi Marlina Sholehmuhammad676@gmail.com Hasrudi Adinata Sholehmuhammad676@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui teknik <em>scanning</em> pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD N 180/VII Jati Baru. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil yang diperoleh pada siklus II, terdapat peningkatan yang signifikan dalam pencapaian hasil belajar siswa dibandingkan dengan kondisi awal dan siklus I. Pada Siklus I, &nbsp;keterampilan siswa dalam menggunakan teknik scanning untuk mencari informasi utama dalam teks tercatat 60% siswa tuntas, meskipun ini masih kurang dari target yang diinginkan. Pada Siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan 74,8% siswa yang dapat menerapkan teknik scanning dengan baik, yang menunjukkan peningkatan 10% dari Siklus I. Ini menunjukkan bahwa penerapan strategi perbaikan yang dilakukan di Siklus II berhasil memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, ada peningkatan dalam hal partisipasi siswa dalam kelas. Pada Siklus II, siswa terlihat lebih aktif dan percaya diri dalam mencari informasi dari teks dengan menggunakan teknik scanning. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan media yang lebih jelas, serta latihan-latihan yang lebih beragam yang diberikan oleh guru</p> 2024-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 riyah mahmudahh, Roza Aprianto, Leni Dwi Marlina, Hasrudi Adinata https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/40484 Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 139/III Lempur Mudik 2024-12-31T10:00:17+07:00 Shobrina Fitri fitrishobrina@gmail.com Ferinaldi Ferinaldi ferinaldi77@gmail.com Andri Yani andriyani14022102@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 139/III Lempur Mudik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan observasi awal, motivasi belajar siswa rendah yang terlihat dari kurangnya ketekunan, minat belajar, serta keterlibatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 14 siswa sebagai subjek penelitian. Proses pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus dengan beberapa tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa, yang tercermin dari hasil angket dan observasi. Pada siklus pertama, rata-rata motivasi siswa mencapai 66,07%, dan meningkat hingga 82,85% pada siklus kedua dengan kategori tinggi. Model PBL terbukti mampu meningkatkan ketertarikan siswa, mendorong keterlibatan aktif, serta membangun sikap percaya diri dalam proses pembelajaran.</p> 2024-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Shobrina Fitri, Ferinaldi, Andri Yani