Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Scanning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • riyah mahmudahh Universitas Terbuka
  • Roza Aprianto Universitas Terbuka
  • Leni Dwi Marlina Universitas Terbuka
  • Hasrudi Adinata Universitas Terbuka

Keywords:

Teknik Scanning, Keterampilan Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui teknik scanning pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD N 180/VII Jati Baru. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil yang diperoleh pada siklus II, terdapat peningkatan yang signifikan dalam pencapaian hasil belajar siswa dibandingkan dengan kondisi awal dan siklus I. Pada Siklus I,  keterampilan siswa dalam menggunakan teknik scanning untuk mencari informasi utama dalam teks tercatat 60% siswa tuntas, meskipun ini masih kurang dari target yang diinginkan. Pada Siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan 74,8% siswa yang dapat menerapkan teknik scanning dengan baik, yang menunjukkan peningkatan 10% dari Siklus I. Ini menunjukkan bahwa penerapan strategi perbaikan yang dilakukan di Siklus II berhasil memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, ada peningkatan dalam hal partisipasi siswa dalam kelas. Pada Siklus II, siswa terlihat lebih aktif dan percaya diri dalam mencari informasi dari teks dengan menggunakan teknik scanning. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan media yang lebih jelas, serta latihan-latihan yang lebih beragam yang diberikan oleh guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti dkk. 1991/1992. Bahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Asrul, M., & Nur, N. (n.d.). Pengaruh Speed Reading Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa

Astuti, D. (2011). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakanmetode Divisi Prestasi Siswa dalam Kelompok Siswa Kelas Viiimts Negeri Pakem Sleman YOGYAKARTA. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, (1).

Adifatoni, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cepat Melalui Teknik Skimming Dan Scanning Pada Siswa Kelas IX Smp Negeri Loa Janan. Jurnal Cemerlang, 2(1).

Adisti, P. M. (2024). Pengaruh Teknik Skimming Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SPF SDN Mawas Makassar.

Chandra, F. P., Zulemil, P. A., Chandra, C., & Suriani, A. (2024). Analisis Teknik Membaca Memindai Siswa Kelas 5 SD. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(2), 235-240.

Dalman. (2018). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.

Fanany, Burhan El. 2012. Teknik Baca Cepat Trik Efektif Membaca 2 Detik 1 Halaman. Yogyakarta: Araska.

Haryadi. 2006. Retorika Membaca Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.

Hilda, K. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat melalui Teknik Skimming pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Al- Zahra Indonesia Pamulang pada Tahun Pelajaran 2013/2014.

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2).

Ningsih, S. R., Mazhud, N., & Rahmat, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Dengan Teknik Talking Stick Pada Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Barru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 8507-8521.

Parasdyanto, H. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Membaca Scanning Siswa Kelas Iva. Basic Education, 7(34), 3-413.

Purnawati, E. K., & Oktaviani, R. N. (2022, April). Implementasi Teknik Scanning Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Mi Hasyim Asy’ Ari Surabaya. In Proceeding: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 6, No. 1, pp. 1-12).

Suharsimi Arikunto, (2009), Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara, hal. 74.

Somadoyo, Samsu. 2011.Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta:Graha Ilmu

Sofah, L. (2013). Penerapan Teknik Scanning untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Sidoarjo (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Wulandari, Putri. (2014). “Persamaan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Berasarkan Latihan Membaca Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Zuchdi, Darmiyati. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta : UNY Press.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

mahmudahh, riyah, Aprianto, R., Dwi Marlina, L. ., & Adinata , H. . (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Scanning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 3(2). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/article/view/40079

Issue

Section

Articles