Karakteristik dan Tipe Mineralisasi Hidrothermal berdasarkan Analisis Makroskopis, Mikroskopis, X-Ray Diffraction ( XRD), Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) di Wilayah Muara Siau, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Authors

  • Jarot Wiratama Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi
  • Widowati Widowati Rekayasa Pertambangan, Institut Teknologi Bandung, Indonesia
  • Hari Wiki Utama Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtk.v6i02.21183

Abstract

Daerah penelitian terletak di desa Lubuk Birah, Kecamatan Muara Siau, Merangin, Provinsi Jambi. Sampel diperoleh dari 2 lokasi singkapan (outcrop) meliputi domain vein kuarsa dan batuan samping (wall rock). Pada lokasi vein 1, mineralisasi vein kuarsa terdapat pada batuan piroklastik yang diduga berasal dari letusan gunung Masurai, yaitu vitrix tuff, dan pada vein 2 mineralisasi terdapat pada batuan metamorf, yaitu batuan slate. Dari analisis makroskopis, tekstur vein kuarsa pada zona vein 1 dan zona vein 2 adalah massive quartz, saccharoidal, struktur urat yang berkembang pada vein 1 dan vein 2 adalah fault dan joint. Berdasarkan hasil analisis XRD, alterasi hydrothermal yang teridentifikasi pada vein 1 dan vein 2 adalah zona alterasi argilik yaitu dicirikan dengan hadirnya mineral smectite, ilite, dan kaolinite. Hasil analisis mikroskopis (mineragrafi) terlihat pyrite yang merupakan pertanda adanya mineralisasi emas. Dari analisis kimia menggunakan AAS diidentifikasi adanya kandungan unsur logam base metal dalam mineralisasi emas, yakni pada vein 1 Cu 0,01%, Pb 0,03%, Zn 0,03 % dan vein 2 Cu 0,01% Pb 0,01% Zn 0,04%. Indikasi awal mineralisasi di daerah Sungau Manau memiliki karakteristik yang relatif sama dengan model mineralisasi hidrotermal tipe epitermal sulfidasi rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Wiratama, J. ., Widowati, W., & Utama, H. W. (2022). Karakteristik dan Tipe Mineralisasi Hidrothermal berdasarkan Analisis Makroskopis, Mikroskopis, X-Ray Diffraction ( XRD), Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) di Wilayah Muara Siau, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. JTK (Jurnal Teknik Kebumian), 6(02), 38-47. https://doi.org/10.22437/jtk.v6i02.21183

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)