REGULASI DIRI DENGAN IMPULSIVE BUYING TERHADAP PENGGUNA E-COMMERCE PADA MAHASISWA SURABAYA SELF-REGULATION WITH IMPULSIVE BUYING TOWARDS E-COMMERCE USERS IN SURABAYA STUDENT

Main Article Content

Ayu Lisdianti Ramadhan
Dwi Rukma Santi
Jainuddin Jainuddin

Abstract

ABSTRACT


Introduction Impulsive buying is consumer behavior in buying goods in large quantities without careful planning and consideration. Self regulation plays an important role in shaping the behavior of individuals who are able to control their actions and be responsible for all the decisions they make. Individuals who have self-regulation tend to have good control over their impulsive buying.


Objective This research aims to examine the relationship between self-regulation and impulsive buying behavior among e-commerce users among students in Surabaya.


Method This research uses a quantitative approach with simple random sampling techniques. This sample consisted of 80 Surabaya students. The measuring instruments used in this research used the Self-Regulation Questionnaire (SRQ) and Impulsive Buying Tendency (IBT) scales.


Result Data analysis used chi-square with the correlation value obtained at p = -0.007 (p < 0.05), which means there is no significant relationship between self-regulation and impulsive buying behavior in Surabaya students.


Conclusion This shows that there is no significant relationship between self-regulation and impulsive buying behavior among Surabaya students.


Keywords: Self-Regulation, Impulsive Buying, Surabaya Students


ABSTRAK
Pendahuluan Impulsive buying merupakan perilaku kosumen dalam membeli barang dengan jumlah yang banyak tanpa melakukan perencanaan dan pertimbangan secara matang. Regulasi diri berperan penting dalam membentuk perilaku individu yang mampu mengendalikan tindakan mereka dan bertanggung jawab atas segala keputusan yang mereka buat. Individu yang memiliki regulasi diri cenderung memiliki kontrol yang baik atas impulsive buying.


Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara regulasi diri dan perilaku impulsive buying terhadap pengguna e commerce pada mahasiswa di Surabaya.


Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Sampel ini terdiri dari 80 mahasiswa Surabaya. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Self-Regulation Questionnaire (SRQ) dan Impulsive Buying Tendency (IBT).


Hasil Analisis data menggunakan chi-square dengan nilai korelasi yang diperoleh p = -0,007 (p < 0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan perilaku impulsive buying pada mahasiswa Surabaya.


Kesimpulan Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan perilaku impulsive buying pada mahasiswa Surabaya.


Kata Kunci: Regulasi Diri, Impulsif Buying, Mahasiswa Surabaya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadhan, A. L., Santi, D. R., & Jainuddin, J. (2025). REGULASI DIRI DENGAN IMPULSIVE BUYING TERHADAP PENGGUNA E-COMMERCE PADA MAHASISWA SURABAYA: SELF-REGULATION WITH IMPULSIVE BUYING TOWARDS E-COMMERCE USERS IN SURABAYA STUDENT. Jurnal Psikologi Jambi, 9(2), 54-60. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/41088
Section
Articles

References

Aditya, D. T. (2023). Hubungan Self Regulation Dengan Impulsive Buying Item di Game Online Pada Masa Dewasa Awal. Fenomena, 32(1), 36–43. https://doi.org/10.30996/fn.v32i1.9132

Ali, H. (2020). Alvara Research Center. Alvara Research Center, 6–8. http://alvara-strategic.com/wp-content/uploads/2020/12/Catatan-Akhir-Tahun-Alvara-2020.pdf

Aprilia, E. D., & Mahfudzi, R. (2020). Gaya Hidup Hedonisme Dan Impulse Buying Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 7(2), 71–78. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v7i2.7390

Atiyah, K., Mughni, A., & Ainiyah, N. (2020). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja. Maddah : Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 2(2), 42–51. https://doi.org/10.35316/maddah.v2i2.844

Fadhilah, F., Wayan, N., & Puspitadewi, S. (2024). Impulsive Buying on the Member of Online Shopping Community : The Role of Self-regulation. 6(2), 115–126.

Firhan, R., & Nio, S. R. (2021). Hubungan regulasi diri dengan pembelian impulsif remaja putri Bukittinggi terhadap produk pakaian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2017), 3737–3743. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1454

Fitrianti, L., & Cahyono, R. (2020). Pengaruh Regulasi Diri terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Selama PJJ di Masa Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1180–1189.

Gawi, R. M., & Rinaldi, R. (2019). Hubungan antara regulasi diri dengan pembelian impulsif pada produk fashion. Jurnal Riset Psikologi, 1(2), 1–12. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/6201

Jordan, M., Khotimah, H., & Hakim, L. (2023). Regulasi Diri dengan Impulsive Buying: Studi Pada Mahasiswi Pengguna Shopee. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 7(September), 4174–4182

Nurul Millatin Naufah. (2023). Hubungan antara Regulasi Diri dan Pembelian Impulsif terhadap Produk Skincare pada Mahasiswa. In Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Vol. Vol.1 (Issue 2, pp. 149–164).

Olii, M. I., Bempah, I., & Wibowo, L. S. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Impulse Buying Pada Konsumen Apel Di Hypermart Gorontalo Dimasa Pandemi Covid-19. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.37046/agr.v7i1.18949

Padji, E. M., & Rahayu, M. N. M. (2023). Regulasi Diri dan Pembelian Impulsif Remaja Akhir Penggemar K-Pop dalam Membeli Merchandise K-Pop. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(3), 527. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i3.7637

Pakpahan, E. Y., Adriansyah, M. A., & Putri, E. T. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Fanatisme Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 727. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6560

Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi Diri Dan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja Perempuan Yang Berbelanja Online. Jurnal Psikologi, 12(2), 213–224. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2445