KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS VII B SMP IT AL-AZHAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Penulis

  • cindi oktavia pendidikan bahasa dan sastra indonesia, FKIP Universitas Jambi
  • Albertus Sinaga Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi
  • Eddy Pahar Harahap Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini betujuan untuk mengukur kemampuan siswa SMP dalam menulis teks fabel menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penilaian dilihat dari penulisan dari unsur intrinsik yaitu tema, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat. Subjek penelitian adalah siswa SMP IT Al-Azhar kelas VII B yang bejumlah 16 siswa laki-laki. Peneliti menemukan bahwa kemampuan menulis fabel berdasarkan media gambar berseri siswa kelas VII  SMP Al-Azhar untuk keseluruhan unsur intrinsik fabel berada pada kategori cukup mampu dengan jumlah nilai rata-rata 72 yang berada pada interval 74-60. Jadi, siswa kelas VII B SMP Al-Azhar mampu dalam menulis teks fabel berdasarkan unsur intrinsik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

oktavia, cindi, Sinaga, A. ., & Harahap, E. P. (2022). KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS VII B SMP IT AL-AZHAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurnal Lintang Aksara, 1(1), 53-60. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/18552

Terbitan

Bagian

Articles