https://online-journal.unja.ac.id/jla/issue/feed Jurnal Lintang Aksara 2023-05-12T23:59:00+07:00 Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd hilman_yusra@unja.ac.id Open Journal Systems https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/22508 Problematik Pembelajaran Puisi Rakyat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi 2022-12-16T08:44:39+07:00 Devi Yansah deviansyah1123@gmail.com Maizar Karim Maizarkarim1@gmail.com Larlen Larlen larlen123@gmail.com Oky Akbar okyakbar@unja.ac.id Lusia Oktri Wini lusiaoktriwini@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Problematik Pembelajaran <br>Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi Tahun 2022.<br>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan <br>deskriftif. Narasumber dalam penelitian ini adalah siswa danguru kelas VII.<br>Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara mengenai problematik<br>dalam pembelajaran puisi rakyat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas <br>VII yang berjumlah 9 siswa dan 1 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. <br>Berdasarkan hasil penelitian, sebagian siswa sudah mampu menulis <br>gurindan dan syair sesuai dengan karateristik puisi rakyat.</p> 2023-05-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lintang Aksara https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/21343 ANALYSIS OF INDICATOR IN THE LEA ANALISIS KOMPETENSI DASAR MENJADI INDIKATOR DALAM RANCANGAN PEMBELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA SMPN 14 KOTA JAMBI 2022-11-03T11:36:47+07:00 Hikma Turrasyidah hikmaturrasyidah@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana cara guru mengembangkan kompetensi dasar (KD) menjadi indikator pencapaian kompetensi. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia SMPN 14 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan teknik triangulasi atau pencocokan data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD) menjadi indikator masih terdapat kekurangan, seperti indikator yang tidak dicantumkan pada RPP/silabus, indikator yang dikembangkan belum memenuhi syarat, dan tingkat kompetensi pada indikator yang tidak berurutan. Jadi, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam rancangan pembelajaran guru Bahasa Indonesia SMPN 14 Kota Jambi khususnya pada pengembangan KD menjadi indikator pencapaian kompetensi.</p> 2023-05-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lintang Aksara https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/22980 INTERFERENSI BAHASA SUNDA DALAM BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 11 S.D. 16 TAHUN 2022-12-27T09:07:54+07:00 Arum Gati Ningsih arumgatin@gmail.com NURFADILAH NURFADILAH nurfadilala@gmail.com Rahmawati Rahmawati rahma_rahmawati@gmail.com Masyunita Siregar yunimasyunita@gmail.com <p><em>Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan dua bahasa dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Sehingga terjadinya interferensi bahasa Sunda ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Sunda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta mendata bentuk-bentuk interferensi bahasa Sunda ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Sunda bidang fonologi dan morfologi pada anak usia 11&nbsp; s.d. 16 tahun di Desa Karng Endah, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat 14&nbsp; kata bahasa Sunda yang sering digunakan pada anak usia 11&nbsp; s.d. 16 tahun saat mereka melakukan percakapan. Dari semua ujaran yang disampaikan oleh sampel, kata yang sering digunakan oleh anak yang menggunakan bahasa Indonesia yaitu sapuluh, limak, tigak, karenak, sangaja ngagambar, do’ak, orangtuana, temen-temenna, ngalawak, nggak, nanya, dan kaceplosan<strong>.</strong></em></p> 2023-05-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Lintang Aksara