PENERAPAN MODEL EXAMPLE-NONEXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

Penulis

  • Muhammad Fiqhi Fahrezy Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi
  • Eddy Pahar Harahap Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi

Kata Kunci:

kualitas proses pembelajaran, model example-nonexample, persuasif

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendesripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran kelas
VIII D sesi ganjil dalam materi menulis teks persuasif ketika diterapkannya model example-nonexample. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitian
dalam PTK terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan
yaitu teknik analisis data kualitatif untuk menganalisis data berupa proses pembelajaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran pada siklus-1 berada pada kategori cukup baik (CB), skor
kualitas proses pembelajaran: 3,49; dan kualitas proses pembelajaran pada siklus-2 berkategori baik (B),
dengan skor kualitas proses pembelajaran: 4,49. Simpulannya, penerapan model example-nonexample dapat
meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks persuasif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

Muhammad Fiqhi Fahrezy, Budiyono, H., & Harahap, E. P. (2022). PENERAPAN MODEL EXAMPLE-NONEXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI . Jurnal Lintang Aksara, 1(1), 27-34. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/17600

Terbitan

Bagian

Articles