TINDAK DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMPN 19 KOTA JAMBI

Penulis

  • Nuraini Permata Universitas Jambi
  • Imam Suwardi Wibowo Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi
  • Hilman Yusra Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi

Kata Kunci:

tindak direktif, guru, pembelajaran

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan tindak Direktif yang dituturkan Guru bahasa Indonesia pada proses pembelajaran siswa kelas VIII di SMPN 19 Kota Jambi. Pendekatan serta jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung tindak tutur direktif sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dari kelas VIIIA sampai kelas VIIIH. Lokasi penelitian di SMPN 19 Kota Jambi dengan instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu ditemukan adanya penggunaan tindak direktif meminta, mengajak, menagih, memaksa, mendesak, memohon, menyarankan, memerintah, memberikan aba-aba dan tindak direktif menantang dengan jumlah seluruh tuturan sebanyak 48 tuturan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

Nuraini Permata, Wibowo, I. S., & Yusra, H. (2022). TINDAK DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMPN 19 KOTA JAMBI. Jurnal Lintang Aksara, 1(1), 13-26. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/17486

Terbitan

Bagian

Articles