Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.22437/jkmj.v6i2.19920Abstract
Pelayanan puskesmas yang berkualitas akan menciptakan kepuasan pasien yang mempenagaruhi pengambilan keputusan untuk loyalitas yaitu memanfaakan kembali/merekomenasikan pelayanan kepada orang lain di sekitarnya. Kegagalan dalam memahami pentingnya kualitas layanan dan kepuasan pasien akan mengundang kesempatan untuk kehilangan pasien, kepuasan pasien sendiri dipengaruhi oleh persepsi pasien tentang kualitas atau mutu jasa pelayanan. Tujuan penilitian untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di puskesmas sungai tutung tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan survey cross sectional, dengan sampel sebanyak 93 responden menggunakan teknik accidental sampling dengan populasinya yaitu seluruh pasien yang berkunjung di Puskesmas Sungai Tutung pada tahun 2022. Gambaran karakersisik responden terbanyak berdasarkan umur adalah pada rentang 26-45 tahun 46,2%, Jenis kelamin responden terbanyak adalah perempuan 62,4%, pekerjaan responden terbanyak yaitu ibu rumah tangga 52,7%, dan pendidikan terakhir terbanyak SLTP/sederajat 46,2%. hasil penelitian menggunakan uji korelasi spearman menunjukan bahwa ada pengaruh bukti fisik p = 0,003 korelasi (r) 0,306, kehandalan p =0,000 korelasi (r ) 0,530, daya tanggap p= 0,000 (r ) 0,531, jaminan p= 0,000 korelasi ( r) 0,542, dan empati p= 0,000 korelasi (r) 0,519 dengan kepuasan pasien. Kesimpulan: semua variabel memiliki pangaruh terhadap kepuasan pasien dengan derajat hubungan korelasi lemah untuk variabel bukti fisik dan derajat hubungan korelasi sedang untuk variabel kehandalan, daya tanggap,jaminan,serta empati.
Downloads
References
Lisa Setia, Ruslan Muhyi H. Pasien di Laboratorium Puskesmas Kota Banjarbaru Tahun 2016. J Berk Kesehat. 2017;3(1):9–18.
Aprina Hetikus Taekab, Chriswardani Suryawati Wk. Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. J Kesehat Masy Vol 7, Nomor 1, Januari 2019 (Issn 2356-3346) Http//Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkm. 2019;7.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2020 [Internet]. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2021. 139 P. Available From: Https://Pusdatin.Kemkes.Go.Id/Resources/Download/Pusdatin/Profil-Kesehatan-Indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-Tahun-2020.Pdf
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2018. 2018.
Zulfahmidah Rar. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sendana. Indones J Heal [Internet]. 2021;2:8–17. Available From: Http://Citracendekiacelebes.Org/Index.Php/Inajoh%0atingkat
Kurnia S, Hastuti W, Mudayana Aa, Nurdhila Ap. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. 2017;11(2).
Lidya Manorek, Ardiansa A. T. Tucunan Btr. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Puskesmas Pingkan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. J Kesmas, Vol 9, No 2, Maret 2020. 2020;9(2):1–6.
Fan L., Gao L., Liu X., Zhao S., Mu H., Li Z., Et Al. Patients’ Perceptions Of Service Quality In China: An Investigation Using The Servqual Model. Plos One [Internet]. 2017;12(12):1–13. Available From: Https://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pmc/Articles/Pmc5741236/Pdf/Pone.0190123.Pdf
Goula A, Stamouli M, Alexandridou M, Vorreakou L, Galanakis A, Theodorou G, Et Al. Public Hospital Quality Assessment . Evidence From Greek Health Setting Using Servqual Model. Int J Environ Res Public Heal Artic [Internet]. 2021; Available From: Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph18073418
Louw Jm, Marcus Ts Hj. Patient- Or Person-Centred Practice In Medicine ? – A Review Of Concepts. African J Prim Heal Care Fam Med. 2017;9(1):1–7.
Surydana L. International Review Of Management And Marketing Service Quality, And Patient Satisfaction On Public Hospital In Bandung District,Indonesia. Internaional Rev Manag Mark [Internet]. 2017;7(2):187–92. Available From: Http://Www.Econjournals.Com/Index.Php/Irmm/Articel/Viewfile/3839/Pdf.
Fatima T, Malik Sa, Shabbir A. Hospital Healthcare Service Quality, Patient Satisfaction And Loyalty: An Investigation In Context Of Private Healthcare Systems. Int J Qual Reliab Manag. 2018;35(6):1195–214.
Puskesmas Sungai Tutung. Profil Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Sungai Tutung; 2022.
Engkus E. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. J Governansi. 2019;5(2):99–109.
Sutopo E, Sudarwati S, Istiqomah I. Pengaruh Manajemen Mutu Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Kabupaten Karanganyar. J Ilm Edunomika. 2019;3(01):159–67.
Baan Rrs. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rs. Bahagia Makassar. Ekombis Sains J Ekon Keuang dan Bisnis. 2020;5(1):45–52.
Nur’aeni R, Simanjorang A, . J. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Izza Karawang. J Healthc Technol Med. 2020;6(2):1097.
Putri Mm, Sari Ck. Jurnal Delima Harapan 2018 Jurnal Delima Harapan 2018. 2018;6(2):59–68.
Doloksaribu Em, Silitonga Em, Nababan D, Siagian Mt. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Sei Mencirim Di Masa Pandemic Covid 19. Prepotif J Kesehat Masy. 2021;5(2):1045–54.
Adriansyah A, Parani Sbd, Santi In. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Morowali Kecamatan Bungku Tengah. J Ilmu Manaj Univ Tadulako. 2020;3(2):135–44.
Susanti A, Razak A, Muchlis N. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Labuang Baji Makassar Pada Masa Pandemi Covid-19. An Idea Heal J. 2021;1(02):118–25.
Asnidar, Akbar, Nurjaya. Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pasien pada RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo. Movere J. 2020;2(2):20–31.
Faizah Sn, Panjawa Jl. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Kc Magelang. J Ekon Pembang. 2020;9(3):145–53.
Wardiati D, Zulkarnain, Widiyatsari A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien pada Instalasi Rawat Inap di RSUD Indrasari Rengat. J Econ. 2020;8(1):32–40.
Widyantara Fr, Sudjiono S, Arifin M. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Kusta Kediri. Jimek J Ilm Mhs Ekon. 2019;1(2):225.
Meutia R, Andiny P. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Langsa Lama. Niagawan. 2019;8(2):121.
Sumarni T, Sudiro. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Mayong Jepara. Manaj Kesehat Indones. 2019;7:151–6.
Muh.Ikbal. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Cendrawasih. Patria Artha J Nurs Sci. 2018;2(2):135–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nia Riski Putri, Guspianto, Hubaybah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Proposed Creative Commons Copyright Notices
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).