Publication Ethics

Etika Publikasi merupakan standar dasar yang harus ada untuk memastikan artikel yang dibuat oleh penulis/peneliti berkualitas tinggi, berdasarkan sumber dan temuan ilmiah, bukan dari gagasan atau karya orang lain.

Article Assessment
Manuskrip yang di-submitted akan ditinjau oleh reviewer dan diharapkan memenuhi standar keunggulan akademis. Jika disetujui oleh editor, publikasi manuskrip akan dipertimbangkan untuk dikirimkan ke reviewer dan akan diterbitkan pada periode berjalan. 

Pengelola jurnal juga akan mencari saran di luar reviewer, misalnya yang berhubungan dengan etika penulisan, keamanan atau permasalahan sosial yang menyinggung SARA. Kami akan berkonsultasi dengan ahli dan editor akademis sebelum memutuskan tindakan yang sesuai, termasuk menolak manuskrip/artikel yang sudah diterima.

Plagiarism 
Penulis tidak boleh menggunakan kata, gambar atau ide orang lain tanpa mencantumkan sumber, serta terlebih dahulu diparafrase.

Duplicate Submission and Redundant Publication 
JKMJ hanya menerima manuskrip asli yaitu manuskrip yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Artikel/manuskrip yang dikirimkan ke JKMJ tidak boleh diterbitkan di jurnal lain. Penulis yang artikelnya ditemukan telah diterbitkan di tempat lain dengan judul dan isi yang sama dapat dikenai sanksi.

JKMJ mempertimbangkan artikel versi lengkap (full paper) dari abstract yang sudah diterbitkan pada konferensi dengan syarat menjelaskan ada konten baru yang signifikan berbeda dari abstract. 

Citation Manipulation 
Penulis yang manuskripnya ditemukan menyertakan kutipan dengan tujuan utamanya untuk meningkatkan jumlah kutipan atas karya penulis tertentu, dapat dikenai sanksi. 

Editor dan Pengelola Jurnal tidak boleh meminta penulis untuk menyertakan referensi artikel pribadi yang sudah diterbitkan dengan tujuan meningkatkan jumlah kutipan pada artikel pribadi tersebut.

Penulis disarankan menggunakan aplikasi Mendeley pada pembuatan sitasi/daftar pustaka. 

Fabrication and Falsification 
Penulis yang didapati telah menyalagunakan dan memalsukan manuskrip/artikel, termasuk gambar, dapat dikenai sanksi dan artikel yang sudah diterbitkan dapat ditarik kembali.

Sanctions 
Jika JKMJ menemukan adanya pelanggaran kebijakan Etika Publikasi, berikut sanksi yang diterapkan :
1. Penolakan dan penarikan naskah yang diserahkan oleh penulis.
2. Tidak diizinkan untuk melakukan pengajuan naskah selama 1 tahun.
3. JKMJ dapat melakukan sanksi tambahan untuk pelanggaran etika publikasi yang parah.