Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK

Authors

  • Ekawarna Ekawarna FKIP, Universitas Jambi, Indonesia
  • M. Salam FKIP, Universitas Jambi, Indonesia
  • Yusdi Anra FKIP, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13805

Abstract

Tujuan paper ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun proposal, pelaksanaan penelitian dan penyusunan laporan hasil PTK untuk dijadikan sebagai karya publikasi ilmiah untuk memperoleh angka kredit maksimal. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan meru- pakan expost-facto karena dilakukan setelah selesai melakukan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kom- petensi Guru Dalam Menyusun Laporan Hasil PTK Pada Guru SMAN-1 Kabupaten Batanghari, yang dilaksanakan tanggal 04 Agustus 2020-05 September 2020. Data diperoleh dari sumber primer yaitu guru yang berjumlah 33 responden. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket, dan an- alisis data menggunakan teknik prosentase. Hasil yang dicapai: Pertama, dalam memilih masalah untuk PTK, pilihlah masalah yang cukup besar dan strategis, pilihlah masalah yang disenangi, dan pilihlah masalah yang riil dan problematik, agar pemecahan masalah akan memberi manfaat yang besar dan jelas. Kedua, dalam pelaksanaan PTK dianjurkan untuk berkolaborasi (collaborative action reseach) agar ada kesempatan bertukar fikiran dengan guru mitra dari mata pelajaran sejenis atau guru lain yang lebih senior dalam menentukan masalah. Implikasi kegiatan adalah; (1) Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun KTI Hasil PTK perlu terus diupayakan, karena hampir semua guru membutuhkan kemampuan tersebut terutama untuk menunjang karier dan peningkatan kesejahteraan yaitu kenaikan pangkat. (2) Pemerintah daerah perlu menganggarkan dana untuk pelaksanaan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru yang berasal dari APBD Provinsi atau Kabupaten/Kota. (3) Dosen di LPTK Unniversitas Jambi perlu terus mengupayakan kegiatan pembimbingan PTK baik me- lalui program penelitian kolaboratif Dosen-Guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Ekawarna, E., Salam, M. ., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 52-62. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13805