Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMK Satria Dalam Melaksanakan Pembelajaran Inovatif di Kota Jambi
Keywords:
pelatihan, pembelajaran inovatif, konstruktivistikAbstract
Permasalahan yang dihadapi guru di provinsi Jambi pada umumnya di SMK Satria pada khususnya adalah kesulitan untuk mengimplementasi pembelajaran inovatif yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Para guru kebanyakan masih menggunakan paradigma lama dalam pelaksanaan pembelajaran, padahal di jaman era digital ini sejatinya guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan paradigma baru. Kebutuhan yang mendesak bagi guru mitra (SMK Satria) saat ini adalah “pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran Inovatifâ€. Sasaran latih dari program pelatihan sebagai upaya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa ini adalah 23 guru SMK Satria Kota Jambi, Provinsi Jambi. Output yang diharapkan dari kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran inovatif ini adalah sebagai berikut. (a) Peningkatan kompetensi Guru memiliki dalam ranah afektif sehingga mampu menilai kegiatan pengembangan profesi guru yang sesuai dengan pedoman agar tujuan kegiatan pengembangan profesi guru dapat dicapai, (b) Peningkatan kompetensi guru dalam ranah psikomotor yaitu kemampuan guru dalam praktek pembelajaran inovatif, (c) Meningkatkan kompetensi Guru dalam ranah kognitif sehingga mereka memiliki kompetensi mengetahui dan memahami alasan dan saran yang jelas, serta memberikan dampak pembelajaran untuk perbaikan bagi guru itu sendiri. Materi yang diberikan melalui metode pembelajaran orang dewasa (andragogi), dengan rasio 30% teori (9 Jam Pertemuan/JP) dan 70% praktek (27 Jam Pertemuan/JP). Pada pembelajaran orang dewasa, lebih menitikberatkan pada peningkatan kualitas kehidupan mereka, memberikan ketrampilan dan kemampuan untuk memcahkan permasalahan yang mereka alami dalam hidup dan tugas pengabdiannya. Peningkatan kompetensi rata-rata peserta latih secara keseluruhan sebagai dampak dari pelatihan mencapai 34%. Hasil angket tentang kepuasan pelatihan menghasilkan informasi bahwa penyelenggaraan pelatihan dapat memuaskan peserta pelatihan (rerata 95%), baik dilihat dari ketercapai tujuan pelatihan, metode pelatihan, kualitas instruktur, waktu dan media yang digunakan. Saran yang direkomendasikan adalah Pemerintah daerah perlu menganggarkan dana untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan Pembelajaran Inovatif lanjutan bagi guru yang didanai dari APBD Provinsi atau Kabupaten/Kota.
Downloads
References
Baiq Sarlita Kartiani, (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 6 Edisi 2 Desember 2015, 212-221.
Boyer, J. (2010), “Le Scepticisme du Consommateur Face à la Publicité : Les Origines du Malâ€, 9th International Conference Marketing Trends, Venice, January 21-23.
Bressoud, E. (2008), “La Force de l’Attitude : Quelle Modération de la Relation entre Attitude, Intention d’Achat et Comportement ?†7th International Congres Marketing Trends, Venice, 25- 26 January, Italie.
Crano, W. D., and Prislin, R. (2006), “Attitudes and persuasionâ€, Annual Review of Psychology, Vol. 57, pp. 345-374.
Deakins, D., and Freel, M. (1998), “Entrepreneurial Learning and the Growth Process in SMEsâ€, The Learning Organization, Vol. 5, No. 3, pp. 144-155.
Deakins, D., and Freel, M. (1998), “Entrepreneurial Learning and the Growth Process in SMEsâ€, The Learning Organization, Vol. 5, No. 3, pp. 144-155.
Désilets, M. (1997), “Connaissances Déclaratives et Procédurales : des Confusions à Dissiperâ€, Revue des Sciences de l’Education, Vol. 23, No. 2, pp. 289-308.
Effiyati Prihatini, (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif , 7(2): 171-179, 2017.
Festinger, L. (1957), “A Theory of Cognitive Dissonanceâ€, Stanford, CA: Stanford University Press
Fini, R., Grimaldi, R., Marzocchi, G. L. and Sobrero, M. (2012), “The Determinants of Corporate Entrepreneurial Intention Within Small and Newly Established Firmsâ€, Entrepreneurship Theory and Practice, Vol. 36, pp. 387-414.
Fourquet-Courbet, M. P., and Courbet, D. (2004), “Nouvelle Méthode d’Etude des Cognitions en Réception (ECER) et Application Expérimentale à la Communication Politiqueâ€, Revue Internationale de Psychologie Sociale, Vol. 17, No. 3, pp. 27-75.
Freestone, O., and Mc Goldrick, P. (2008), “Motivations of the Ethical Consumerâ€, Journal of Business Ethics, Vol. 79, pp. 445-467.
Ika Yuwanita, Happy Indira Dewi, dan Dirgantara Wicaksono, (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA, Jurnal Instruksional, Volume 1 , No. 2 , April 2020, 152-158.
Mitchell, R. K., Smith, J. B., Morse, E. A., Seawright, K. W., Peredo, A. M. and McKenzie, B. (2002), “Are Entrepreneurial Cognitions Universal ? Assessing Entrepreneurial Cognitions Across Culturesâ€, Entrepreneurship Theory & Practice, Vol. 26, No. 4, pp. 9-32
Moscovici, S. (1972), “Introduction à la Psychologie Socialeâ€, Larousse, Vol. 1, pp. 325
Muhamad Yasir, (2017). Pengaruh Metode Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. DEIKSIS. Vol. 09 No.02, Mei 2017 p-ISSN: 2085-2274, e-ISSN 2502-227X hal. 138-146.
Parsa, I. Made. (2017), EVALUASI Proses dan Hasil Belajar. Kupang: CV Rasi Terbit.
Pasquier, P., and Chaib-draa B. (2005), “Agent Communication Pragmatics: The Cognitive Coherence Approachâ€, Cognitive Systems, Vol. 6, No. 4, pp. 364-395.
Pasquier, P., Rahwan, I., Dignum, F., and Sonenberg, L. (2006), “Argumentation and Persuasion in the Cognitive Coherence Theoryâ€. In P. Dunne and T. Bench-Capon (Eds.), Proceedings of the 1st International Conference on Computational Models of Argument (COMMA), Liverpool, UK. IOS Press, Amsterdam, The Netherlands, 223- 234.
Pelet, J.-É. (2008), “Effets de la Couleur des Sites Marchands sur la Mémorisation et sur l’Intention d’Achat de l’Internauteâ€, Thèse de Doctorat en Sciences de Gestion, Université de Nantes.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sita Husnul Khotimah, (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika (Eksperimen pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Cimanggis), HIKMAH, Vol. XIII, No. 1, 2017 ~ 95-114.
Smith, R., and Swinyard, W. (1988), “Cognitive Response to Advertising & Trial: Belief Strength. Belief Confidence and Product Curiosityâ€, Journal of Advertising, Vol. 17, pp. 3-14.
Steiner, P. (2005), “Introduction Cognitivisme et Sciences Cognitivesâ€, Labyrinthe,
Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syva Lestiyani Dewi1 dan Triana Lestari, (2021). Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, ISSN 2614-221X (print) Volume 4, No. 4, Juli 2021, 755-764- ISSN 2614-2155 (online) DOI 10.22460/jpmi.v4i4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ekawarna Ekawarna, Ade Kusmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Jurnal Jurnal Karya Abdi Masyarakat (JKAM).
- License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Author’s Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
- User Rights
JKAM's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JKAM permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JKAM on distributing works in the journal.
- Rights of Authors
Authors retain the following rights:
- Copyright, and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in future own works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes, provided the copies are not offered for sale,
- The right to self-archive the article.
- Co-Authorship
If the article was jointly prepared by other authors, the signatory of this form warrants that he/she has been authorized by all co-authors to sign this agreement on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this agreement.
- Termination
This agreement can be terminated by the author or JKAM upon two months’ notice where the other party has materially breached this agreement and failed to remedy such breach within a month of being given the terminating party’s notice requesting such breach to be remedied. No breach or violation of this agreement will cause this agreement or any license granted in it to terminate automatically or affect the definition of JKAM.
- Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such extent as legally permissible, the author waives his or her right to collect royalties relative to the article in respect of any use of the article by JKAM or its sublicensee.
- Miscellaneous
JKAM will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed and JKAM or its sublicensee has become obligated to have the article published. JKAM may conform the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that it deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers.