Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia, Industri Barang Konsumsi, dan Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015– 2017)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jaku.v5i3.10808Kata Kunci:
Corporate Social Responsibility, Intellectual Capital, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai PerusahaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh Corporate Social Responsibility dan Intellectual Capital terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Industri Dasar dan Kimia, Industri Barang Konsumsi, dan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 – 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Industri Dasar dan Kimia, Industri Barang Konsumsi, dan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2018 yang menerbitkan laporan tahunan periode 2015 – 2017. Proses pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility, Intellectual Capital, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Unduhan
Referensi
Bidhari, S. C., Salim, U., & Aisjah, S. (2013). Effect of Corporate Social Responsibility Information Disclosure on Financial Performance and Firm Value in Banking Industry Listed at Indonesia Stock Exchange. 5(18), 39–47.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2017). Fundamentals of Financial Management (Ninth Edit). Cengage Learning.
Dhani, I. P., & Utama, A. . G. S. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 2(1), 135–148. https://doi.org/10.31093/jraba.v2i1.28
Fahmi, I. (2017). Analisis Kinerja Keuangan: Panduan Bagi Akademisi, Manajer, dan Investor untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fakhroni, Z., & Irwansyah. (2017). Intellectual Capital Dan Market Value: Studi Perusahaan High-Ic Intensive Di Bursa Efek Indonesia. 5(3), 1575–1588. https://doi.org/10.17509/jrak.v5i3.9232
Gherghina, Ş. C., & Vintilă, G. (2016). Exploring the impact of corporate social responsibility policies on firm value: The case of listed companies in Romania. Economics and Sociology, 9(1), 23–42. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2016/9-1/2
Handriani, E., & Robiyanto, R. (2018). Corporate Finance and Firm Value in The Indonesian Manufacturing Companies. International Research Journal of Business Studies, 11(2), 113–127. https://doi.org/10.21632/irjbs.11.2.113-127
Kasmawati. (2016). Tobin’s Q as a Proxy for Corporate Governance Variables and Explanatory Variables in Manufacturing Companies in Jakarta Stock Exchange. International Journal of Recent Scientific Research, 7(6), 11552–11558.
Laili, C. N., Djazuli, A., & Indrawati, N. K. (2019). the Influence of Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Firm Size on Firm Value: Financial Performance As Mediation Variable. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(1), 179–186. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.01.20
Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi. Semarang: Erlangga.
Lotfi, M., Elkabbouri, M., & Ifleh, Y. (2016). The Relationship Between Intellectual Capital, Firm Value and Financial Performance in the Banking Sector: Empirical Evidence From Morocco. International Journal of Innovation and Applied Studies, 17(3), 1004–1013.
Mardikanto, T. (2014). Corporate Social Responsibility. Bandung: Alfabeta.
Nuryaman. (2015). The Influence of Intellectual Capital on The Firm’s Value with The Financial Performance as Intervening Variable. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 292–298. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.037
Purnomo, A. (2018). Tarik Ulur Limbah Busuk PT RUM Jawa pos. Retrieved from https://www.jawapos.com/jpg-today/22/12/2018/tarik-ulur-limbah-busuk-pt-rum/
Putri, E. D. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen, 01(September), 1–10. Retrieved from www.idx.co.id
Saridewi, S. P., Susila, G. P. A. J., & Yudiaatmaja, F. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 15–23. https://doi.org/10.35829/magisma.v5i2.23
Sayyidah, U., & Saifi, M. (2017). Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 - 2015). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 46(1), 163–171.
Srinivisan, S. (2014). Impact of Corporate Social Responsibility on Firm Value - Evidence From the Indian Stock Market. 3.
Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: PT. Refika Aditama.
Suparno, & Ramadini, R. (2017). Pengaruh Intellectual Capital dan Earning PerShare terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014 ). Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0083491
Suryani, A., & Damayanti, E. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Debt To Equity Ratio, Profitabilitas Dan Kepemilikan Saham Institusional Pada Perataan Laba. E-Jurnal Akuntansi, 13(1), 208–223.
Tricahyadinata, I. (2014). REVIEWS Beberapa Peneliti ; Pengembangan dan Pengungkapan Intellectual Capital. (2003).
Widhiarso, W. (2011). Analisis Data Penelitian dengan Variabel Kontrol. 1–4.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.