PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA PERIMBANGAN, BELANJA DAERAH DAN OPINI AUDIT BPK TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAMBI

Authors

  • Mardianis Mardianis Magister Ilmu Akuntansi
  • Afrizal Afrizal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Enggar Diah P.A Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i3.4695

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, Belanja Daerah dan Opini Audit BPK terhadap Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Penelitian dilakukan terhadap seluruh (populasi) Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling  untuk tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 yang  datanya  lengkap kecuali Kota Sungai Penuh sehingga hanya dilakukan terhadap 10 Kabupaten/Kota. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data  penelitian  diperoleh  dari  data sekunder dari beberapa instansi pemerintah yang sudah dipublikasikan secara luas. Sedangkan analisis Data Panel menggunakan beberapa teknik pengolahan yaitu Pooled Least Square, Fixed Effect, dan Random Effect.

Hasil  penelitian  dan  pengujian  hipotesis  menunjukkan  bahwa  hasil uji secara parsial, variabel Pendapatan Asli Daerah yang diproksikan dengan Rasio Pendapatan Asli Daerah terhadap Total Pendapatan, variabel Dana Perimbangan yang diproksikan dengan Rasio Dana Perimbangan terhadap Total Pendapatan, variabel realisasi belanja daerah yang diproksikan dengan rasio total realisasi belanja daerah terhadap anggaran belanja, dan variabel opini audit tidak berpengaruh siginifikan terhadap kinerja penyelenggaran Pemda Kabupaten Kota di Provinsi Jambi. Sedangkan secara simultan, membuktikan bahwa variabel Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, Belanja Daerah serta Opini Audit BPK RI, berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi selama periode tahun 2009-2013 dengan nilai adjusted R squared hanya menjelaskan 18.71% dari variabel kinerja penyelenggaraan Pemda.

Kata Kunci:     Kinerja Penyelenggaraan  Pemda, EKPPD,  PAD, Dana Perimbangan, Belanja Daerah, Opini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-09 — Updated on 2018-03-09

How to Cite

Mardianis, M., Afrizal, A., & P.A, E. D. (2018). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA PERIMBANGAN, BELANJA DAERAH DAN OPINI AUDIT BPK TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAMBI. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(3), 13-28. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i3.4695

Most read articles by the same author(s)