Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi (Survei pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Angkatan 2014)

Authors

  • Dios Nugraha Putra Alumni Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi Tahun 2018
  • Afrizal Afrizal Dosen FEB Universitas Jambi
  • Zamzami Zamzami Dosen FEB Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v3i4.5588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, gaya belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar mahasiswa akuntansi secara parsial maupun secara simultan. Hasil belajar mahasiswa akuntansi adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa akuntansi setelah menerima pengalaman belajarnya. Kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan, memahami dan secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi koneksi dan pengaruh yang manusiawi. Gaya belajar adalah sebuah cara pendekatan yang menjelaskan mengenai bagaimana individu dalam belajar atau cara yang ditempuh oleh masing-masing orang untuk berkonsentrasi pada proses, dan menguasai informasi yang sulit dan baru melalui persepsi yang berbeda-beda. kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri, lingkungan dan juga kondisi yang dihadapinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengambarkan pengaruh variable independen (kecerdasan emosional,gaya belajar dan kepercayaan diri) terhadap variable dependen (hasil belajar mahasiswa akuntansi). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi angkatan 2014 di Universitas Jambi, Sampel penelitian ini dipilih secara acak (Random Sampling). Jenis data  penelitian ini adalah data interval yang diperoleh dengan penyebaran angket kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kecerdasan emosional, gaya belajar dan kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa akuntansi, sedangkan secara simultan, variabel kecerdasan emosional, gaya belajar dan kepercayaan diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa akuntansi.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Kepercayaan diri, Hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-08 — Updated on 2018-09-08

How to Cite

Putra, D. N., Afrizal, A., & Zamzami, Z. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi (Survei pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Angkatan 2014). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 3(4), 53-63. https://doi.org/10.22437/jaku.v3i4.5588

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>