This is an outdated version published on 2018-06-29. Read the most recent version.

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6756

Keywords:

keaktifan, snowball throwing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia di kelas V SDN 117/1 Gentar Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK kelas V SDN 117/I Gentar Alam T.A 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata skor keaktifan siswa persiklus mengalami peningkatan,siklus 1 peneliti menggunakan media gambar terdapat skor rata-rata keaktifan siswa berada pada kategori kurang,siklus II ditambahakan dengan video mendapatkan skor rata-rata keaktifan siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus III meningkat dengan media gambar dan video. Hasil belajar siswa dari tes siklus I mencapai 57%, siklus II sehingga meningkat 64% dan siklus III meningkat 75%. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di kelas V SDN 117/1 Gentar Alam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Asmani. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press
Asrosi, M. 2010. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Media Grafika
Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press
Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Gunawan, R. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Hamalik, O. 2005. Kurikulu dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hisbullah, 2011. Penerapan Model PembelajaranSnowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 08 Lumaring Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu.Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Pekanbaru : Alfabeta
Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya
Sudjana, N. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Sudjana. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suprijono, A. 2012. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wardhani. 2007. Hubungan Praktek Kebersihan Diri dan Penggunaan Alat Pelindung Diri Dengan Kejadian Skabies Pada Pemulung di TPA Bukung Bandar Lampung. Skripsi.Semarang.UNDIP

Downloads

Published

2018-06-29

Versions

How to Cite

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 1-19. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6756