Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing

Authors

  • Firman Khaidir Universitas Jambi
  • Panut Setiono Universitas Jambi
  • Indra Agus Saputra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia di kelas V SDN 117/1 Gentar Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK kelas V SDN 117/I Gentar Alam T.A 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata skor keaktifan siswa persiklus mengalami peningkatan,siklus 1 peneliti menggunakan media gambar terdapat skor rata-rata keaktifan siswa berada pada kategori kurang,siklus II ditambahakan dengan video mendapatkan skor rata-rata keaktifan siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus III meningkat dengan media gambar dan video. Hasil belajar siswa dari tes siklus I mencapai 57%, siklus II sehingga meningkat 64% dan siklus III meningkat 75%. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di kelas V SDN 117/1 Gentar Alam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29 — Updated on 2018-06-29

Versions

How to Cite

Khaidir, F., Setiono, P., & Saputra, I. A. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 1-19. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6756