Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Di Sekolah Dasar

Authors

  • Faizal Chan Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi
  • Nike Dwi Putri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6755

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa pada  pembelajaran IPS  Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Kolaboratif subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, objek penelitian adalah keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 57,30% (kriteria cukup), pada siklus II meningkat menjadi 78,265% (kriteria baik). Artinya ada peningkatan sebesar 24%. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan di siklus II yaitu memberikan variasi terhadap gambar dengan memberi kesan yang menarik, memperbanyak gambar teknologi masa lalu dan masa kini. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu dari penggunaan media gambar pada saat proses pembelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 109 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29 — Updated on 2018-06-29

Versions

How to Cite

Chan, F., Sofwan, M., & Putri, N. D. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 57-72. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6755